JawaPos.com – Tiga pekan setelah terpilih sebagai wakil ketua umum PSSI, Zainudin Amali akhirnya resmi mengajukan pengunduran diri dari jabatan menteri pemuda dan olahraga (Menpora). Sebelumnya, dia secara lisan menyatakan akan fokus mengurus sepak bola.

Kemarin (9/3) Amali mendatangi kantor Kementerian Sekretariat Negara untuk menyerahkan surat permohonan pengunduran diri.

”Saya baru saja ketemu dengan Pak Mensesneg (Pratikno, Red), mengantarkan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi menteri pemuda dan olahraga,” katanya.

Amali mengungkapkan, surat saja tidak cukup. Dia harus bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Namun, kemarin presiden tengah melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Amali dijadwalkan bertemu dengan kepala negara pada Senin (13/3). ”Tinggal tunggu saja. Kan keputusannya ada di Bapak Presiden, bukan di saya,” imbuh menteri asal Partai Golkar itu.

Soal penggantinya, Amali enggan mengusulkan nama yang cocok. Sebab, itu hak prerogatif presiden. Dia juga telah berbicara dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Diskusi itu juga membahas pekerjaan di Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Amali berharap penggantinya dapat mendorong Perpres 86/2021 dan aturan turunan UU Keolahragaan. Selain itu, ke depan akan banyak multievent nasional maupun internasional. ”Walaupun SEA Games bukan sasaran kita, insya Allah saya tetap beri dukungan sepanjang Menpora (yang baru) minta masukan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirut Proliga Hanny S. Surkatty berharap Menpora yang baru bisa lebih memperhatikan seluruh cabang olahraga (cabor). ”Dan memberi lebih banyak cabor fasilitasi dan tryout ke luar negeri atau event internasional,” ujarnya.

Apalagi, menurut dia, tim voli putra Indonesia sebetulnya memiliki kualitas di level Asia. Sayang, sejauh ini belum optimal untuk mengikuti event-event kelas Asia lantaran kurangnya dukungan.

Dari kalangan olahragawan, pebasket senior Arki Dikania Wisnu menuturkan, sejak dia aktif, cabor basket terus improve dengan memberikan prestasi. Salah satunya, medali emas SEA Games 2021 Vietnam. ”Jadi, hopefully industri olahraga bisa lebih serius. Dia (Menpora baru, Red) bisa support,” ujarnya.

Sejumlah nama disebut bakal ditunjuk sebagai Menpora baru. Salah satu yang santer beredar adalah Dito Ariotedjo. Dirut Indonesian Basketball League (IBL) Junas Miradiarsyah bakal menyambut positif jika nama tersebut yang akan menggantikan Amali. Dito diketahui sebagai chairman RANS PIK Basketball yang tampil di IBL.

Junas menuturkan, kerja sama IBL dengan Menpora Zainudin Amali beberapa tahun terakhir sudah sangat bagus. ”Beliau sangat membantu bola basket. Saya masih ingat waktu kami lagi susah-susahnya (karena pandemi Covid-19), kami gelar turnamen bubble dan sebagainya, Pak Menpora sangat suportif sekali,’’ tuturnya.

By admin