JawaPos.com – Apple memperkenalkan konektivitas satelit Emergency SOS pada seri iPhone 14 generasi terbaru. Saat ini, fitur tersebut berfungsi di enam negara termasuk Amerika Serikat (AS), Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, dan Inggris.

Terbaru, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California, AS itu secara resmi mengumumkan bahwa layanan tersebut akan diperluas lagi. Akhir Maret 2023, fitur Emergency SOS dipastikan hadir di enam negara lagi.

Emergency SOS Apple sendiri melalui fitur satelit pada seri iPhone 14 memungkinkan pengguna perangkat untuk mengirim peringatan pesan darurat di tempat-tempat terpencil. Saat dimana tidak ada jangkauan seluler atau WiFi, fitur ini diyakini sangat berguna lantaran bisa bekerja tanpa perangkat keras khusus.

Namun, perlu dicatat bahwa fitur ini hanya berfungsi di luar ruang terbuka dengan pemandangan langit yang jelas dan tanpa penghalang seperti pohon, bangunan, dan hambatan lainnya. Fitur inovatif ini akan hadir di Austria, Belgia, Italia, Luksemburg, Belanda, dan Portugal akhir bulan ini.

Ini akan membuat fitur Emergency SOS pada seri iPhone 14 beroperasi di total 12 negara. IPhone 14 Pro baru-baru ini mengantongi Penghargaan Seluler Global GSMA dalam kategori ‘Inovasi Perangkat Pengganggu’ untuk fitur Emergency SOS.

Fitur ini telah dipuji berkali-kali oleh responden pertama dan tim penyelamat karena menyelamatkan nyawa pelanggan yang tertabrak dalam situasi darurat. Buat para petualang atau mereka yang secara tidak sengaja mengalami kecelakaan di daerah susah sinyal seluler, fitur ini terbilang sangat inovatif.

Cara kerja fitur ini juga mudah, misalnya pengguna bisa menghubungi layanan darurat langsung di negara mereka jika menghadapi situasi berbahaya dan butuh bantuan. Jika tidak ada layanan seluler, ponsel akan menghubungkannya ke menara operator lain. Apabila masih tidak berhasil, akan terlihat opsi Emergency Text Via Satellite atau Teks Darurat melalui Satelit.

Selain itu, pengguna iPhone 14 juga bisa menggunakan iMessage untuk mengirimkan SMS ke nomor darurat (misalnya 911) atau SOS dan klik Emergency Services. Berikutnya akan memungkinkan klik report an emergency.

Sebuah pesan akan muncul untuk menggambarkan situasi, pertama menanyakan soal ‘apa keadaan daruratnya?’ dan bisa memilih opsi seperti ‘masalah mobil atau kendaraan’ atau ‘sakit atau cedera’, berikutnya akan diarahkan serangkaian pertanyaan lebih mendalam.

Pengguna juga akan diberi opsi memberitahu kontak darurat jika menghubungi layanan darurat. Termasuk menginformasikan lokasi dan sifat darurat yang dialami, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi Find My untuk membagikan lokasi dengan teman atau keluarga melalui satelit.

By admin