JawaPos.com – PSSI mendapat tugas berat. Otoritas tertinggi sepak bola di Tanah Air itu belum juga mendapat lawan uji coba bagi tim nasional Indonesia dalam FIFA matchday Maret 2023.

Bahkan, Federasi Sepak Bola Kenya (FKF) dikabarkan menolak mentah-mentah tawaran PSSI untuk menggelar laga uji coba gratis melawan timnas Indonesia.

PSSI sempat mengundang FKF untuk menggelar uji coba dengan skuad Garuda di Jakarta. PSSI bahkan bersedia menanggung semua biaya yang dikeluarkan FKF, baik akomodasi hingga transportasi asalkan bersedia mengadakan uji coba.

Pemilihan Kenya sebagai lawan timnas Indonesia lantaran posisi timnas Kenya lebih baik. Mereka berada di peringkat 101 FIFA, sedangkan Indonesia kini menempati posisi 151. PSSI membidik Kenya karena ingin menaikkan peringkat skuad Garuda di peringkat FIFA tersebut.

Sayang, upaya PSSI menemui jalan buntu karena FKF menolak tawaran tersebut. Mereka berdalih peringkat Indonesia terlalu rendah. “Pembuatan jadwal (laga uji coba) seperti itu tidak biasa bagi FKF yang pernah menyetujui pertandingan dengan peringkat sangat rendah kontra Taiwan,” tulis laporan tersebut.

Lucunya, setelah menolak PSSI, Kenya justru sepakat memilih beruji coba dengan timnas Burundi. Pemilihan itu tentu saja layak dipertanyakan karena Burundi berada di peringkat 141. FKF bahkan telah mengumumkan timnas Kenya bakal beruji coba dengan Burundi sebanyak dua kali di Nairoba pada 25 dan 28 Maret 2023.

Penolakan ini tentu saja mengkhawatirkan karena PSSI juga gagal memberikan penawaran untuk beruji coba dengan Bolivia dan Tajikistan sebelumnya.

PSSI kini tengah melakukan penjajakan kepada beberapa negara lain, meski mereka belum mau secara resmi memberikan bocoran lawan skuad Garuda nanti.

By admin