JawaPos.com – Kejadian apes menimpa seorang pemuda warga Kecamatan Rungkut, sebut saja Arif. Kaki kanannya nyangkut di sebuah manhole. Tim rescue DPKP Surabaya pun harus diturunkan untuk meloloskan kakinya.

Peristiwa tersebut terjadi pukul 19.00. Saat itu, Arif dan temannya Hendri hendak nongkrong. Sebelum ke lokasi, mereka mampir ke SPBU.

Hendri yang berada di posisi depan pun mengantre. Namun, Arif memilih untuk turun sambil menunggu temannya selesai mengisi BBM. Di sela waktu menunggu, dia pun asyik memainkan HP dan berjalan ke sisi pintu keluar SPBU.

Bruk… Kaki kanannya tiba-tiba tergelincir ke selokan lewat celah manhole yang berukuran sempit itu. Ya, manhole tersebut memang hanya berupa besi yang disusun melintang mirip teralis. Tidak tertutup full. Salah satu celahnya tampak menganga dibandingkan sisi yang lain.

’’Jadi, kejebak sampai sepaha. Kejepit nggak bisa keluar. Sudah dicoba tarik juga nggak bisa,’’ kata Kepala DPKP Surabaya Dedik Irianto.

Warga yang melihat kejadian tersebut berusaha membantu. Meskipun di antara mereka ada yang ngempet ngguyu. Heran saja melihat kejadian apes semacam itu.

Maklum, saat itu kondisi baru selesai hujan. Besi manhole tersebut licin. Mudah saja bagi kaki untuk nyungsep ke celah itu.

Warga pun berinisiatif untuk mencari pertolongan. Akhirnya, warga melapor ke Command Center 112. Tidak sampai tujuh menit petugas sudah tiba. Lengkap dengan perlengkapan penyelamatan.

’’Kami pakai alat combi tool. Jadi, celah itu dibuka agar lebih kendur. Sehingga kaki bisa ditarik,’’ ujarnya.

Akhirnya, petugas berhasil mengevakuasi Arif. Sambil menahan tawa dan sakit karena lecet, Arif mendapat perawatan dari Tim Gerak Cepat (TGC).

By admin