JawaPos.com – Pemprov tengah mempersiapkan pengoperasian koridor II bus Trans Jatim rute Surabaya–Mojokerto yang rencananya beroperasi pada Agustus mendatang.

Selain penambahan armada baru, Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim telah menyusun rute yang akan dilintasi Trans Jatim dengan rute utama Terminal Purabaya–Terminal Kertajaya (Mojokerto) PP tersebut.

Kasi Prasarana Angkutan Jalan Dishub Jatim Ainur Rofiq menjelaskan, jalur yang dilintasi Trans Jatim koridor II berbeda dengan koridor I (Porong–Sidoarjo–Purabaya–Gresik) yang sebagian lewat akses tol. ’’Koridor II seluruhnya melewati jalan arteri,” katanya.

Berdasar rute yang disusun, Trans Jatim koridor II meliputi Terminal Purabaya–Pasar Krian–Balongbendo–Mlirip–Terminal Kertajaya. Panjang rute mencapai 40 kilometer. Rute itu, kata Rofiq, sesuai dengan konsep pengintegrasian angkutan massal di wilayah Gerbangkertosusila.

Selain koridor II, pemprov menyiapkan koridor baru lainnya, yakni rute Porong–Terminal Joyoboyo.

Hingga kini, antusiasme penumpang bus Trans Jatim masih tinggi. Rata-rata load factor bus bertarif Rp 5 ribu itu mencapai 120 persen.

KORIDOR BARU BUS TRANS JATIM

– Koridor Surabaya–Mojokerto:

Rutenya meliputi Terminal Purabaya–Terminal Kertajaya (Mojokerto)

Rute ini melintas di jalur arteri Surabaya–Mojokerto

– Koridor Porong–Surabaya:

Rencana rutenya meliputi Terminal Porong (Sidoarjo)–Terminal Joyoboyo (Surabaya)

By admin