JawaPos.com- Alun-Alun Sidoarjo tahun ini kembali dipercantik. Tepatnya di sekitar Monumen Jayandaru. Jalur pedestrian dan area bermain bakal ditata menjadi lebih estetik. Lalu, akan ada tambahan air mancur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo M. Bahrul Amig menyatakan, lelang konsultan proyek revitalisasi alun-alun saat ini tengah berlangsung. Sekaligus finalisasi desainnya. Perkiraan, tengah tahun nanti proyek revitalisasi alun-alun mulai dikerjakan. Anggaran disiapkan sekitar Rp 7 miliar.

”Tahun ini kami prioritaskan penataan tampak depannya atau selasarnya,” kata Amig. Yakni, area yang bersentuhan langsung dengan Jalan Ahmad Yani. ”Karena wajah alun-alun agar terlihat cantik juga dari depan,” ujarnya.

”Kami ingin area bermain juga bisa diklasifikasikan, ditata lagi, ada tempat edukasinya,” katanya. Sehingga bisa jadi jujukan anak sekolah untuk tempat outdoor learning. Amig mengatakan, fokus tahun ini hanya di bagian depan, tapi tahun depan penataan alun-alun dilanjutkan. ”Tahun ini kami buat basic desainnya,” ujarnya.

Sementara itu, realisasi penataannya dilakukan dua tahun. Tahun ini dan tahun depan. ”Dengan basic desain itu, saat revitalisasi tahun depan bisa berkesinambungan dengan penataan tahun ini,” katanya.

By admin