JawaPos.com – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kembali hadir ke tengah-tengah civitas academica Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Rabu (8/3), selain memberikan kuliah umum, mantan wali kota Surabaya itu menerima penghargaan Angka Nitisastro dari ITS.

Penghargaan tersebut diberikan ITS khusus kepada tokoh yang memiliki kontribusi penuh bagi rakyat dan negara. Pada kesempatan yang sama, di Auditorium Research Center, Risma – sapaan akrabnya– memberikan kuliah umum tentang manfaat teknologi untuk kemajuan bangsa.

”Banyak inovasi dari ITS yang bersinergi dengan Kementerian Sosial. Bahkan sampai sekarang,” ungkap Risma di sela-sela memberikan kuliah umum kemarin.

Di sela-sela pemaparannya, Risma memberikan contoh kolaborasi antara akademisi dan Kementerian Sosial. Misalnya, pembuatan perahu khusus untuk warga Asmat. Dia menyampaikan, sebelum program diterapkan, masyarakat Asmat juga diundang ke ITS untuk mendapat pengetahuan dasar tentang kapal.

”Saat ini kurang dari 11 kapal yang dibuat ITS kalau tidak salah. Ada satu dosen ITS yang ikut mendampingi pembuatan secara langsung sampai sekarang,” jelasnya.

Bukan hanya itu, kolaborasi lain yang terwujud adalah pembuatan motor trail listrik yang didesain khusus untuk medan di Papua. Jumlahnya mencapai 30 unit.

Ada satu lagi program yang tuntas dilakukan bersama ITS. Yakni, mendesain dan membuat rumah tahan gempa untuk kawasan terpencil. Lokasinya di Kota Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

”Ada puluhan unit yang sudah ditempati. Dilengkapi solar cell juga. Yang buat desainnya saya lho, Pak Rektor. Wong saya ini 100 persen ITS,” paparnya disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.

Risma juga mengapresiasi teknologi yang dibuat ITS. Khususnya yang memberi asas manfaat. Hal itu tampak dari hasil kerja sama yang terbangun sejak Risma menjabat wali kota Surabaya hingga Mensos.

Menurut dia, inovasi teknologi yang dibuat ITS tidak kalah oleh teknologi yang ada di pasaran. Bahkan secara fungsi sama serta dari segi harga lebih murah dan mudah terjangkau.

Di sela-sela itu, Mensos Tri Rismaharini juga memberikan penghargaan kepada 56 dosen dan mahasiswa, karyawan ITS, serta alumni ITS atas pengembangan dan inovasi yang dibuat untuk kemajuan masyarakat.

By admin