JawaPos.com – Kemampuan kamera saat ini menjadi salah satu hal yang paling dipertimbangkan konsumen saat membeli smartphone. Megapixels besar, fitur yang canggih dan jelas reputasi brand menjadi salah satu alasan smartphone tersebut layak dipilih atau tidak.

Untuk urusan kamera, smartphone dan fotografi, Samsung termasuk yang konsisten menghadirkan perangkat-perangkat terbaik mereka. Khususnya di S Series, lini flagship ini selalu menawarkan keunggulan kamera dan fotografi mobile yang bikin geleng-geleng kepala.

Termasuk yang baru ini dihadirkan adalah Samsung Galaxy S23 Series 5G. Line-up smartphone baru Samsung ini menawarkan banyak keunggulan, salah satunya adalah kamera dan kemampuan fotografi mobile. Semuanya unggul, namun khusus di Galaxy S23 Ultra 5G, handset ini yang spesifikasi paling mind blowing banget dengan jargon Pro Grade Camera.

Nilai jual utama Galaxy S23 Ultra tentu saja kamera 200MP. Namun demikian, untuk mendukung kemampuan fotografinya supaya makin epic, ada faktor lainnya yang ketinggalan untuk dibahas dari Galaxy S23 Ultra 5G. Apa saja? Berikut ulasannya.

Adaptive Pixel 200MP
Kehadiran Galaxy S23 Ultra 5G memudahkan siapa pun untuk membuat konten epit. Perangkat ini menawarkan sistem kamera terdepan dari Samsung Galaxy yang telah dirancang untuk menghadapi berbagai kondisi pencahayaan demi menghasilkan detail yang luar biasa.

Untuk pertama kalinya di lini perangkat Samsung Galaxy, Galaxy S23 Ultra 5G mengusung Adaptive Pixel 200MP. Teknologi terbaru ini mampu membuat siapapun bahkan orang yang tak terbiasa dengan perangkat fotografi untuk bisa menghasilkan foto terbaik.

Inovasi tersebut didukung dengan teknologi pixel binning yang mampu menjalankan berbagai tingkatan pemrosesan beresolusi tinggi dalam satu waktu. Angka 200MP di Galaxy S23 Ultra 5G merupakan peningkatan yang sangat signifikan. Dua kali lipat. Sebelumnya, Galaxy S22 Ultra menggunakan kamera utama 108MP.

Meski begitu, kamera Galaxy S23 Ultra secara default mengambil gambar berukuran 12MP. Samsung juga menyediakan opsi mengambil gambar berukuran 50MP.

Dengan Galaxy S23 Ultra 5G, pengguna bisa menikmati Adaptive Pixel 200MP yang menawarkan tingkat detail luar biasa dengan resolusi 16 kali lebih tinggi dari pendahulunya. Apalagi, Galaxy S23 Ultra 5G memungkinkan pengguna menggunakan HDR resolusi 50MP dengan dynamic range yang 4 kali lebih luas dari seri sebelumnya.

Galaxy S23 Ultra 5G juga dibekali teknologi Tetra2pixel yang membuat kamera dapat menciptakan gambar minim noise di tiap kondisi pencahayaan. Jadi, pengguna akan mendapatkan foto yang lebih tajam dan vivid baik itu saat terang benderang maupun low light.

ISOCELL HP2
Keunggulan selanjutnya, smartphone yang menempati kasta tertinggi dari keluarga Galaxy ini adalah hadir dengan sensor Wide-angle bernama Samsung ISOCELL HP2. Sensor ini melengkapi kamera 200MP yang hadir di Galaxy S23 Ultra 5G.

Yang menarik, ISOCELL HP2 tak hanya mengandalkan resolusi tinggi untuk memanjakan para penggemar. Sensor kamera flagship buatan Samsung ini juga membawa segudang dukungan dan teknologi mutakhir untuk mendorong kemampuannya.

ISOCELL HP2 merupakan sensor yang memuat 200 juta piksel berukuran 0,6 mikrometer dengan format optik 1/1.3”, sebuah ukuran di mana biasanya digunakan untuk mengemas kamera 108MP pada kebanyakan smartphone.

Dengan menggunakan ISOCELL HP2, kita tetap bisa memperoleh smartphone dengan kemampuan pengambilan gambar beresolusi tinggi tanpa perlu merasa terganggu oleh tonjolan kamera berukuran lebih besar di bagian belakang bodi.

Dalam mengembangkan ISOCELL HP2, Samsung pun telah menggunakan teknologi pixel-binning canggih miliknya yang diberi nama Tetra pixel. Sensor tersebut mampu mengakomodasi berbagai macam level pencahayaan sehingga menghasilkan gambar yang lebih jernih dan cerah.

Tetra pixel memungkinkan ISOCELL HP2 menyimulasikan ukuran yang berbeda-beda sesuai kondisi cahaya. Jadi kamera tetap bisa menghasilkan foto maupun video dengan kualitas yang jernih dan tajam.

Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan pengambilan gambar di kondisi cahaya redup, Samsung mempersenjatai ISOCELL HP2 dengan Super QPD. Teknologi autofocus ini memungkinkan sensor kamera dapat menangkap fokus dengan baik dan cepat bahkan saat remang-remang.

Super QPD akan membuat semua piksel dalam sebuah sensor kamera sebagai agen pemfokusan. Walaupun dalam hal ini, empat piksel yang berdekatan nantinya akan dikelompokkan supaya mampu mengenali perubahan pola secara cepat dan akurat.

Nightography, Expert RAW & OIS Lebih Lebar
Galaxy S23 Series 5G juga telah menghadirkan kemampuan Nightography yang telah ditingkatkan untuk memungkinkan pengguna mendapatkan hasil selfie, foto portrait, hingga video yang lebih cerah, detail, dan vivid di kondisi cahaya redup. Termasuk di Galaxy S23 Ultra 5G yang merupakan kelas teratas ini.

Nightography sendiri sebenarnya serupa dengan mode malam pada berbagai smartphone. Istilah Nightography mulai dikenalkan Samsung pada seri Galaxy S22 Series 5G yang lalu.

Dalam praktiknya, Nightography adalah cara Samsung dalam merancang hardware maupun software seri Galaxy S23 Series 5G agar mampu menghasilkan foto maupun video yang bagus dalam kondisi cahaya rendah seperti saat malam hari. Ini sangat penting untuk mengakomodir keperluan pengguna yang gemar hunting foto di malam hari.

Kemudian, Galaxy S23 Series 5G juga memungkinkan pengguna untuk lebih kreatif dalam membuat konten lewat Expert RAW yang tidak hanya menawarkan foto format RAW untuk photo editing yang lebih advanced, tapi juga fitur inovatif seperti Astrophoto untuk capture langit penuh bintang dengan lebih epic hingga Multi-exposure untuk membuat photo art yang unik.

Peningkatan fitur Nightography mentransformasi bagaimana Galaxy S Series mengoptimalkan hasil foto dan video di berbagai keadaan. Saat merekam aksi musisi membawakan lagu favorit di tengah konser, selfie saat wisata ke akuarium, atau foto bareng teman dimomen kebersamaan, pengguna akan mendapatkan foto dan dan video yang lebih tajam.

Noise yang biasa mengganggu saat mengambil gambar di kondisi minim cahaya pun bisa dikoreksi oleh algoritma image signal processing (ISP) berbasis AI terbaru yang mampu mempertajam detail dan warna demi meningkatkan kualitas gambar.

Expert RAW pun kini lebih mudah digunakan karena bisa diakses langsung lewat kamera smartphone setelah aplikasi Expert RAW diunduh ke perangkat pengguna dalam satu ketukan saja. Aplikasi Expert RAW–tersedia eksklusif di Samsung Galaxy–yang memberikan pengalaman mengambil gambar layaknya pakai kamera DSLR serta photo editing dalam format RAW dan JPEG tanpa peralatan fotografi yang besar dan berat.

Lalu, pengguna bisa bereksperimen lewat photo art menggunakan fitur Multiple Exposure maupun mengabadikan langit penuh bintang dengan Astrophoto, Menariknya, setelah mengunduh aplikasi Expert RAW, pengguna Galaxy S23 Series 5G kini dapat menggunakan fitur Expert RAW langsung di dalam aplikasi Samsung Camera.

Kemudian, tidak hanya untuk keperluan foto, Samsung Galaxy S23 Ultra 5G juga unggul untuk konten video. Hal ini bisa dicapai dengan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G memiliki hingga 2x wider OIS untuk hasil video yang lebih stabil.

Performa Premium
Seluruh kecanggihan kamera Samsung Galaxy S23 Ultra 5G kemudian disokong oleh performa yang tidak kalah gaharnya. Hal ini dibuktikan dengan Samsung dan Qualcomm yang berkolaborasi untuk mengoptimalkan pengalaman penggunaan perangkat Samsung Galaxy lewat Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform for Galaxy.

Chipset paling powerful dan efisien di lini smartphone Galaxy sekaligus prosesor tercepat Snapdragon saat ini. Khusus untuk Galaxy S23 Ultra 5G, baterai 5.000 mAh hadir mendukung kamera yang lebih besar dibanding Galaxy S22 Ultra 5G tanpa membuat ukuran perangkat menjadi lebih besar.

Chipset ini telah melalui proses peningkatan performa terukur pada CPU-nya, dengan clock speed mencapai 3,36 GHz, sehingga menjadikan Snapdragon® 8 Gen 2 for Galaxy sebagai chipset tercepat saat ini, bahkan melebihi kemampuan Snapdragon 8 Gen 2 standar yang dipakai di smartphone premium pada umumnya.

Hadirnya CPU dengan desain micro architecture terbaru membuat kemampuan pemrosesan pada Galaxy S23 Series 5G meningkat sekitar 30 persen dibanding Galaxy S22 Series 5G. Lalu, karena menangkap foto yang menakjubkan di kondisi minim cahaya membutuhkan triliunan pemrosesan per detik.

Juga, arsitektur NPU dari Samsung Galaxy yang sudah sangat efisien kini dioptimalkan hingga 49 persen demi menyeimbangkan performa dan power ketika menggunakan algoritma AI untuk membantu pengguna mengambil foto dan video yang epic.

Salah satu pengembangan paling signifikan di Galaxy S23 Series 5G adalah GPU yang telah dioptimalkan, membuatnya 41 persen lebih cepat dibanding Galaxy S22 Series 5G, spesial bagi para power user.

Demi mempersiapkan diri akan masa depan realisme digital termutakhir, Galaxy S23 Ultra 5G menghadirkan teknologi ray tracing–teknik rendering yang diterapkan di konsol dan PC gaming–yang kini bisa dinikmati secara real-time untuk mobile gaming.

Pengguna akan bisa melihat dengan jelas hasil rendering visual yang lebih nyata berkat teknologi yang mampu menyimulasikan dan melacak setiap sinar cahaya. Samsung Galaxy pun menghadirkan vapor cooling chamber yang lebih besar untuk seluruh model Galaxy S23 Series 5G sehingga pengguna bisa main game terus-menerus dengan lancar.
Samsung Galaxy S23 Ultra datang dengan satu varian RAM, yakni 12 GB saja.
Sedangkan, varian media penyimpanannya terdiri dari 256 GB, 512 GB, dan 1TB yang sudah sangat jumbo dan capable untuk mengawal setiap kebutuhan pengguna.

Nah, itu tadi keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G dari segi kamera yang cuma ada di model tersebut. So, siap bikin keseharian kamu jadi lebih epic dengan Galaxy S23 Series 5G? Kamu sudah bisa membeli Galaxy S23 Series 5G di www.samsung.com/id/ dan berbagai e-commerce rekanan seperti Blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, Eraspace.com, dan Dinomarket.com ataupun berbagai mitra retail offline Samsung.

Konsumen bisa mendapat Galaxy S23 Ultra 5G dengan harga Rp 19.999.000 (12GB/256GB), Rp 21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp 25.999.000 (12GB/1TB).

By admin