JawaPos.com – Gagal mendapat tiga poin dalam tiga pertandingan terakhir sempat membuat pelatih Persebaya Aji Santoso pesimistis. Target tembus tiga besar pada akhir musim pun dikoreksi menjadi enam besar.

Namun, target enam besar pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Yang pasti, Green Force wajib segera bangkit dari keterpurukan. Salah satunya adalah bisa meraih poin penuh ketika dijamu oleh Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Banjarmasin, sore nanti.

Aji mengaku sudah mempersiapkan tim dengan sangat baik. Punya waktu latihan lebih banyak dari lawan, seluruh aspek yang dirasa lemah dan jadi penyebab gagalnya meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir diperbaiki. ’’Harus sabar ketika berada di sepertiga pertahanan lawan. Untuk lini pertahanan, jangan melakukan kesalahan dan pelanggaran tak perlu,’’ ujarnya.

Persebaya dipastikan akan bermain dengan kekuatan penuh. Sho Yamamoto dan Paulo Victor yang sebelumnya tidak fit kondisinya sudah 100 persen. ’’Termasuk Supriadi yang beberapa pertandingan tidak main karena kurang fit,’’ jelasnya.

Jika Persebaya datang dengan kekuatan penuh, hal berbeda terjadi di skuad Barito Putera. Beberapa pilarnya harus absen sore nanti. Termasuk dua pemain asingnya, Mike Ott dan Gustavo Tocantins, yang mendapat akumulasi kartu.

Tapi, bagi Aji, hal itu sama sekali tidak berpengaruh. Adanya sosok Rahmad Darmawan yang kini jadi pelatih Barito Putera dipastikan tetap akan menyulitkan. ’’Kehadiran coach RD memberikan dampak positif, permainannya sulit diprediksi,’’ ungkapnya.

Belum lagi, Laskar Antasari juga cukup perkasa ketika bermain di kandang. Dua pertandingan terakhir di Stadion Demang Lehman, Bayu Pradana dkk selalu menang. Melawan RANS Nusantara FC (14/2) dan Persib Bandung (27/2).

Dalam dua pertandingan kandang itu, enam gol berhasil dicatatkan Barito Putera. Dan hanya kebobolan dua gol saja. ’’Yang jelas, kami akan berusaha minimal dapat satu poin. Syukur-syukur bisa dapat tiga poin asalkan pemain kerja keras dan menjalankan instruksi saya dengan baik,’’ tegas Aji.

Di sisi lain, pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan mengaku sudah punya gambaran bagaimana cara bermain tamunya. Dia sudah melihat dan mempelajari beberapa pertandingan terakhir Persebaya. ’’Saya berharap anak-anak bisa bermain dengan motivasi tinggi seperti pertandingan home sebelumnya,’’ paparnya.

Disinggung soal absennya dua pemain asing andalan, itu tidak jadi masalah. Justru, ini merupakan kesempatan bagi pemain pengganti untuk unjuk gigi. ’’Saya berharap pemain muda kami bisa bermain lepas. Saya tidak pernah ragu akan kualitas mereka, hanya saja memang kurang berpengalaman,’’ bebernya.

PERKIRAAN PEMAIN

Barito Putera (4-3-3): 30-Yoewanto Setya Beny (g); 66-Bagus Kaffa, 3-Y. Aditya, 36-Renan Silva, 82-A.P. Dewa; 13-Bayu Pradana (c), 23-Dedi Hartono, 27-Zuhro; 26-R. Pora, 98-Eksel Runtukahu, 14-N. Nurzaidin

Pelatih: Rahmad Darmawan

Persebaya Surabaya (4-2-3-1): 21-Ernando Ari (g); 33-Koko Ari, 23-Rizky Ridho, 4-Leo Lelis, 37-Alta Ballah; 88-Alwi Slamat (c), 96-M. Hidayat; 11-Supriadi, 10-Ze Valente, 14-Sho Yamamoto; 9-Paulo Victor

Pelatih: Aji Santoso

Venue: Stadion Demang Lehman, Banjarmasin

Live: Vidio.com pukul 15.00 WIB

HASIL LIMA LAGA TERAKHIR

BARITO PUTERA

14 Februari 2023 vs RANS Nusantara FC

4-2 (menang)

18 Februari 2023 vs Arema FC

0-1 (kalah)

22 Februari 2023 vs Persija

1-2 (kalah)

27 Februari 2023 vs Persib

2-1 (menang)

4 Maret 2023 vs Persik

0-2 (kalah)

PERSEBAYA SURABAYA

3 Februari 2023 vs Borneo FC

3-2 (menang)

13 Februari 2023 vs PSS Sleman

4-2 (menang)

18 Februari 2023 vs Bali United

0-4 (kalah)

24 Februari 2023 vs PSM Makassar

0-1 (kalah)

28 Februari 2023 vs RANS Nusantara FC

2-2 (imbang)

By admin