JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan satu unit pesawat C-130 J super hercules A-1399 dari Amerika Serikat (AS). Pesawat tersebut langsung diserahkan kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Lapangan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/3).

Kepala negara menyebut, pesawat Hercules A-1399 merukan alutsista yang sangat canggih. Menurutnya, pesawat tersebut mampu digunakan untuk operasi militer.

“Yang kita terima pada pagi hari ini, pesawat yang sangat canggih. Saya sudah masuk, bisa mengangkut kalau pasukan yang pakai komplit dengan parasut penerjun bisa 98, tapi kalau hanya pasukan bisa 128,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, pesawat tersebut adalah satu dari total lima unit yang didatangkan secara bertahap hingga Januari 2024. Jokowi menyebut, pesawat itu mampu terbang di udara selama 11 jam, sehingga sangat baik dalam melakukan operasi militer.

“Bisa mengangkut 19,9 ton, artinya ini bagus untuk operasi militer maupun non militer, bencana alam juga bisa. Bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia, karena pesawat super hercules ini bisa terbang 11 jam,” papar Jokowi.

Pesawat C-130J Super Hercules A-1339 tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/3/2023). Pesawat C-130J Super Hercules A-1339 buatan Amerika Serikat merupakan pesawat pertama dari lima unit yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk TNI AU yang akan ditempatkan di Skadron Udara 31, Lanud Halim Perdanakusuma sebagai pesawat angkut berat dengan kapasitas kargo 20 ton untuk pelaksanaan tugas TNI AU.FOTO:MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS

Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyambut baik kedatangan satu unit pesawat C-130 J super hercules A-1399 dari Amerika Serikat (AS). Prabowo menyebut, pemerintah sangat mendukung alutsista pertahanan negara.

“Dukungan pemerintah, pak Jokowi saya lihat dalam sejarah untuk pertahanan itu terbesar, kita punya prioritas,” papar Prabowo.

Prabowo menuturkan, alutsista pertahanan juga difungsikan dalam rangka membantu kebutuhan rakyat. Seperti pengiriman bantuan bencana alam.

“Kita kemarin mengalami covid yang sangat berbahaya, jadi prioritas beliau utamakan keselamatan rakyat,” pungkas Prabowo.

By admin