JawaPos.com – Indonesia ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 24 Oktober 2019. Walau sempat mengalami penundaan, salah satunya akibat Covid-19, turnamen itu segera digelar di enam venue yang telah dipersiapkan Pemerintah Indonesia maupun PSSI selaku pemangku kepentingan timnas Indonesia.

Ketika PSSI lewat Ketua Umum Erick Thohir sibuk mempersiapkan enam venue, seperti Gelora Utama Bung Karno (Jakarta), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Gelora Sriwijaya (Palembang) terkait beberapa catatan dari FIFA. Apalagi, FIFA mengharapkan adanya beberapa tambahan yang perlu diperhatikan pemerintah maupun PSSI.

Beberapa pihak justru masih mempertanyakan sikap pemerintah ketika menyambut kedatangan para kontestan, termasuk dari Israel yang menjadi salah satu peserta di Piala Dunia U-20.

Pertanyaan itu wajar menyeruak karena Pemerintah Indonesia dan Israel tak memiliki hubungan diplomatik secara resmi. Kedua negara hanya memiliki hubungan dagang, pariwisata, dan keamanan meski status hubungan keduanya sempat dinaikkan pada 2012.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, sempat menyatakan bahwa pemerintah siap mendukung penuh keikutsertaan timnas Israel U-20.

Menurut Menpora, Indonesia harus menjadi tuan rumah yang baik di Piala Dunia U-20 nanti. Karena itu, Indonesia akan menjamu siapapun, termasuk dari para suporter Israel yang bakal hadir ke sini.

“Kita harus menjadi tuan rumah yang baik dan kita harus menerima tamu siapa saja yang datang dari berbagai negara, baik itu timnas-nya maupun suporter mereka,” ujar Menpora.

Lalu, bagaimana respons pihak lainnya, apalagi kedatangan timnas Israel U-20 sempat ditentang beberapa pihak dalam negeri seperti Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI), Aqsa Working Group (AWG), BDS Indonesia, hingga MER-C.

Sebagian lain menyerahkan semua masalah itu kepada pemerintah, tapi netizen Indonesia mungkin punya pandangan tersendiri menyikapi kabar ini. Tulis di kolom komentar ya!

By admin