JawaPos.com- Pemkot Surabaya terus menambah rumah padat karya (RPK). Tujuannya, membuka lapangan pekerjaan bagi keluarga miskin di Kota Pahlawan. Salah satunya di Jalan Ikan Duyung, Kelurahan Perak Barat.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya Iman Kristian Maharhandono menjelaskan, progres pengerjaan RPK tersebut telah mencapai 30 persen. Saat ini fokus pembangunannya adalah menyelesaikan pemasangan atap dan pembuatan toilet. ”Dua bulan lagi targetnya rampung,” ujarnya kemarin (6/3).

RPK itu berkonsep open space sehingga cocok untuk usaha kuliner. Pembangunannya menghabiskan anggarann Rp 200 juta. ”Dibangun di atas lahan aset pemkot. Detail penggunaan bangunannya kami serahkan ke kecamatan,” katanya.

Pembangunan itu pun disambut baik oleh masyarakat Kecamatan Krembangan. Rencananya, jika telah jadi, bangunan tersebut dimanfaatkan sebagai sentra wisata kuliner (SWK). ”Untuk pelaksanaan detailnya, kami masih kami diskusikan bersama sambil menunggu bangunan jadi,” tutur Camat Krembangan Harun Ismail.

Bukan hanya itu, Kecamatan Kenjeran juga sedang menambah RPK. Pihak kecamatan membuat program peningkatan ekonomi. ”Melalui padat karya, kami ajak warga untuk berdaya,” ungkap Camat Kenjeran Yuri Widarko.

Saat ini RPK anyar masih dibangun. Lokasinya di belakang Mapolsek Kenjeran. ”Di tempat tersebut akan dibuat padat karya paving dan produksi bak sampah dari ban bekas,” paparnya.

By admin