JawaPos.com-Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Arsad Hidayat mengatakan, hasil seleksi petugas haji pusat akan diumumkan pada Ramadan 1444 Hijriah.

“Insya Allah hasil seleksi petugas haji, PPIH Arab Saudi yang digelar kantor pusat Kementerian Agama, akan diumumkan pada Ramadan 1444 H,” ujar Arsad di Jakarta, Selasa (7/3).

Sebelumnya, Kementerian Agama telah menggelar seleksi calon petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) yang diselenggarakan kantor pusat Kemenag pada 24 Februari 2023. Seleksi menggunakan skema Computer Assested Test (CAT) dan wawancara.

Ada sejumlah kategori layanan, antara lain akomodasi, transportasi, konsumsi, bimbingan ibadah, pelindungan jamaah, dan media center Haji atau MCH. Seleksi CAT dan wawancara berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Setelah diumumkan pada bulan puasa nanti, kata Arsad, para petugas yang dinyatakan lulus diharuskan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek). Proses Bimtek nantinya akan diikuti juga oleh para petugas dari Kementerian Kesehatan dan instansi terkait lainnya.

Arsad menjelaskan Bimtek akan dilakukan kurang lebih satu pekan. Prosesnya akan dibagi dalam dua tahap, kelas tugas dan fungsi, serta kelas integrasi. “Empat hari pertama, kita akan lakukan pembekalan petugas dalam kelas-kelas tugas dan fungsi. Para petugas akan dikumpulkan pada kelas layanan masing-masing untuk diberikan penguatan pemahaman dan kompetensi,” kata dia.

Segmen berikutnya, kata dia, dilakukan kelas integrasi dari semua layanan, termasuk dengan para petugas kesehatan, pelindungan jamaah, MCH, dan layanan lainnya. “Tujuannya agar terbentuk kesepahaman dan keterpaduan dalam memberikan pelayanan,” kata dia. (*)

By admin