JawaPos.com – Sudah sembilan tahun Borussia Dortmund belum merasakan lagi momen melaju ke perempat final Liga Champions dan bersaing di posisi puncak klasemen Bundesliga. Kali terakhir itu terjadi adalah di era kepelatihan Jurgen Klopp.

Musim ini  BVB –sebutan Borussia Dortmund– mampu menyaingi Bayern Munchen dalam memburu Meisterschale (gelar juara Bundesliga) hingga spieltag ke-23.

Tinggal menuntaskan di Liga Champions dengan Marco Reus dkk hanya butuh satu laga lagi untuk menapak delapan besar.

Berbekal kemenangan 1-0 di kandang (16/2), BVB butuh menetralisasi Chelsea dalam pertemuan kedua di Stamford Bridge dini hari nanti (siaran langsung SCTV/Champions TV 2/Vidio pukul 03.00 WIB).

Modal solid lainnya juga dimiliki BVB. Skuad Edin Terzic menjadi satu-satunya tim di liga elite Eropa yang selalu memenangi laga sepanjang tahun ini.

Total ada 10 laga dengan perincian 8 laga di Bundesliga, 1 laga di DFB-Pokal, dan 1 lagi melawan Chelsea di Signal Iduna Park.

Kepada Sport, Direktur Olahraga BVB Sebastian Kehl menyebutkan, target yang paling penting bagi timnya di Stamford Bridge adalah lolos.

”Seri pun kami sudah senang (karena lolos, Red). Jadi, kami tidak harus selalu menang,” ucap Kehl.

Melihat grafik permainan Chelsea yang sudah membaik, Kehl menyadari The Blues bisa menyulitkan target BVB. ”Pertandingan ini akan menjadi pertandingan yang brutal. Kami harus bersiap untuk menderita,” sambung Kehl.

Kehadiran kiper utama Gregor Kobel dalam skuad yang diboyong Terzic ke London jadi kabar bagus untuk BVB. Kobel-lah yang membuat pemain Chelsea frustrasi pada pertemuan pertama.

Kiper berkebangsaan Swiss tersebut memang diistirahatkan saat BVB mengalahkan RB Leipzig 2-1 dalam laga Bundesliga akhir pekan lalu (4/3).

”Chelsea meraih kemenangan dalam liga domestik. Mereka juga sangat siap menghadapi kami,” ucap Kobel di laman resmi klub.

Ya, kemenangan 1-0 atas Leeds United (4/3) mengakhiri catatan negatif Chelsea yang nirmenang dalam enam laga. Bek kiri Chelsea Ben Chilwell pun berharap performa serupa bisa terulang dini hari nanti.

”Langkah kami sudah menuju ke arah yang benar. Sekarang kami harus lebih menekannya lagi. Jika kami menang besok (dini hari nanti WIB, Red), saya berharap itu jadi awal kami untuk sisa musim ini,” tutur Chilwell seperti dikutip Evening Standard.

Masalahnya, ada handicap Chelsea dalam situasi mereka saat ini. Sepanjang berpartisipasi di ajang antarklub Eropa, The Blues tidak pernah mampu lolos ke perempat final ketika sudah kalah dalam first leg.

By admin