JawaPos.com–Ribuan siswa kelas 6 SD se-Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengikuti khataman Alquran. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Raya Sambil Muhtadin Banjarmasin, Senin (6/3).

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina yang hadir pada acara diikuti 5.390 siswa dari 238 SD tersebut menyatakan, kegiatan itu suatu tradisi bagi para siswa yang hendak lulus SD. Tradisi khataman Alquran menjelang semester akhir siswa SD setiap tahun tersebut harus terus dipertahankan.

”Sebelum anak-anak kita lulus sudah dapat sertifikat khatam Alquran,” ucap Ibnu Sina seperti dilansir dari Antara.

Dia meminta para siswa terus melanjutkan belajar dan membaca Kitab Suci Alquran, apalagi mendekati Ramadan. Ibnu menyampaikan terima kasih kepada para ustad yang mengadakan kegiatan membaca Alquran, bahkan sebagai ekstrakurikuler.

”Kami yakin Kota Banjarmasin tidak kekurangan bahan baku anak-anak yang punya potensi sangat baik untuk bisa menjadi qari dan qariah, bahkan hafiz dan hafizah yang membanggakan Kota Banjarmasin,” tutur Ibnu Sina.

Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin terus memberikan perhatian untuk mewujudkan generasi qurani yang menjadi pemimpin selanjutnya. Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin Khairil Hidayat menyampaikan, siswa yang mengikuti kegiatan khataman Alquran berasal dari SD yang ada di lima kecamatan di Kota Banjarmasin.

”Sangat antusias para siswa mengikuti acara ini, kami dari pemerintah kota sangat gembira,” ujar Khairil Hidayat.

Pemkot memfasilitasi acara itu dengan maksimal, termasuk memberikan perhatian bagi pengajar Alquran. ”Semoga dengan ini, apalagi pada Ramadan, kumandang ayat-ayat suci Alquran terus dilaksanakan, yakni, kegiatan tadarus Alquran di musala, masjid, maupun tempat lain,” ucap Khairil.

By admin