JawaPos.com – Otoritas penyelenggara Liga Premier Inggris memiliki rencana memperpanjang jumlah waktu tambahan di akhir pertandingan. Rencana itu mengadopsi pendekatan yang mirip dengan FIFA selama Piala Dunia 2022 di Qatar.

Pada akhir turnamen di Qatar, rata-rata durasi pertandingan, tidak termasuk perpanjangan waktu, mencapai 102 menit. Durasi waktu itu empat menit lebih lama dari rata-rata Piala Dunia 2018, dan lima menit lebih lama dari rata-rata di Euro 2020.

Sebanyak 43 dari 62 pertandingan di Piala Dunia 2022, lebih dari sepertiga dari total pertandingan, melebihi durasi 100 menit. Pertandingan pembuka antara Inggris melawan Iran bahkan tercatat memiliki durasi 117 menit, dan itu tentu saja mengejutkan.

Penambahan waktu diberikan lantaran pertandingan kerap terjadi adanya waktu terbuang, seperti menunggu keputusan VAR, cedera pemain, pergantian pemain, penalti, kartu merah, serta sengaja dilakukan para pemain dalam membuang waktu.

Menurut The Times, pembuat undang-undang sepak bola telah memutuskan bahwa Liga Premier dan kompetisi domestik lainnya di Inggris harus menambah jumlah waktu tambahan dalam pertandingan mulai musim depan.

Artinya, pertandingan 100 menit, belum lagi gol-gol menit terakhir seperti yang dicetak oleh Reiss Nelson pada menit ke-97 dalam kemenangan mendebarkan Arsenal 3-2 atas Bournemouth, bisa menjadi hal biasa di sepak bola Inggris mulai musim depan.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan waktu bermain bola di Piala Dunia rata-rata sekitar 60 menit, dibandingkan dengan sekitar 55 menit di Liga Premier musim ini.

Berbicara pada pertemuan tahunan Dewan FA Internasional (IFAB) di London, Infantino mengatakan: “Kami ingin berjuang melawan pemborosan waktu. Kami ingin para penggemar menikmati permainan. Kami telah melihat rata-rata di Piala Dunia terakhir kami memiliki sedikit lebih dari sepuluh menit waktu tambahan, dan sekitar 60 menit waktu efektif dimainkan.”

“Ini telah diapresiasi secara luas oleh semua orang dan hukum permainan bersifat universal dan kami harus memastikannya diterapkan secara universal,” paparnya.

“Kami telah melihat penerapan yang sangat tidak konsisten dari undang-undang permainan ini dalam hal membuang-buang waktu, dan beberapa liga memiliki pertandingan yang berlangsung kurang dari 50 menit, dan yang lain memiliki sekitar 60 menit.”

“Kami akan memantau liga di seluruh dunia. Tapi, kami tidak mengubah hukum permainan, dan tidak akan ada jam berhenti.”

IFAB, badan pembuat undang-undang sepak bola yang terdiri dari FIFA dan empat asosiasi Inggris, juga mengubah undang-undang untuk menghukum penjaga gawang yang menggunakan taktik pengalih perhatian selama tendangan penalti.

Perubahan pada UU 14 menyatakan bahwa “Kiper tidak boleh berperilaku dengan cara mengganggu penendang secara tidak adil saat tendangan penalti atau selama penalti.”

IFAB juga mengonfirmasi penentangan mereka terhadap pelindung kepala, seperti yang digunakan di rugbi atau mantan kiper Petr Cech, meskipun ada upaya dari Liga Premier untuk mencobanya musim depan.

FIFA menentang uji coba tersebut dengan alasan bahwa sebagian besar petugas medis sepak bola lebih memilih pengganti gegar otak permanen daripada pemain kembali ke lapangan setelah cedera kepala selama sepuluh menit.

By admin