JawaPos.com- Video rekaman maling kotak amal di Masjid Nurut Taqwa, Banjarasri, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, belakangan viral. Sebab, maling kotak amal tersebut bergaya ngesot saat mendekati kotak amal. Karena menggunakan sarung, tubuhnya tak kelihatan jelas.

Beberapa warga sempat mengira ada ular di masjid bersangkutan. Namun, ketika sarungnya dilepas, ternyata diketahui itu adalah si maling. ’’Betul sempat ada maling kotak amal di masjid, Jumat (3/3) dini hari pas kejadian itu,’’ ungkap Sutomo, 51, salah seorang pengurus masjid.

Dia menjelaskan, pelaku diperkirakan masuk dari belakang masjid. Nah, di belakang tempat wudu, ada gerbang. ’’Kebetulan kemarin lupa dikunci,’’ imbuhnya.

Sutomo menduga pelaku tersebut mengetahui seluk-beluk masjid dan mengetahui jika ada CCTV di dekat kotak amal. Benar saja, dari rekaman CCTV, tampak pelaku menggunakan sarung untuk menutupi kepalanya. ’’Kayak ninja pakainya,’’ ungkapnya.

Lalu, saat hendak mendekati kotak amal, si maling merangkak dan meliuk-liuk. ’’Seperti ular itu bener,’’ kata warga Banjarasri itu, lantas terkekeh. Ketika berhasil meraih kotak amal, ternyata sarung penutup wajah pelaku terbuka lantaran terkena kakinya. ’’Kayak keserimpet begitu, lucu memang,’’ lanjut Sutomo.

Aksi pencurian kotak amal itu diketahui setelah pagi ada warga yang melapor bahwa telah menemukan kotak amal di sawah belakang masjid. ’’Dibuang di sana memang, kemudian dipungut warga untuk dikembalikan,’’ katanya.

Meskipun uang di kotak amal tersebut hilang, Sutomo menyebut bahwa pihak masjid tidak terlalu merugi. Sebab, isi kotak pada Kamis (2/3) malam sudah diambil pihak takmir. ’’Pas diambil, paling sisa dua puluh ribu sampai lima ribu rupiah, ya alhamdulillah, malingnya cuma dapat segitu,’’ ucapnya.

By admin