JawaPos.com – Sekilas tidak ada yang aneh dalam penampilan kiper La Liga pada jornada ke-24.

Namun, kalau dicermati, ada persamaan yang tidak bisa diketahui hanya dengan memantau satu pertandingan. Yakni, banyak kiper yang memakai jersey berwarna hitam.

Hal itu dilakukan untuk memenuhi undangan resmi dari Athletic Bilbao sebagai penghormatan kepada mantan kiper mereka Jose Angel Iribar (1962–1980).

Kiper yang terkenal dengan julukan Black Spider itu genap berusia 80 tahun pada Rabu (1/3) pekan lalu. ATH –sebutan Athletic Bilbao– pun meminta kepada semua kiper yang berkarier di Spanyol untuk memakai jersey hitam demi Iribar.

’’Undangan kami sebenarnya tidak terbatas di Spanyol, tetapi ke seluruh dunia,” tulis ATH di laman resmi klub.

Untuk menyiasati regulasi, tentu tidak bisa dua kiper dalam satu laga memakai jersey hitam. Hal itu bisa disiasati dengan jersey hitam ketika pemanasan sebelum laga.

Sebagaimana yang dilakukan kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga. Dia mengenakan jersey hitam ketika pemanasan sebelum tampil kontra Leeds United pada matchweek ke-26 Premier League (4/3). Lengkap dengan name set Iribar dan nomor punggung 80.

Kepa memiliki kedekatan emosional dengan ATH lantaran jadi pemain junior mereka pada 2004–2012. ’’Penghormatan istimewa kepada #iribar80,’’ bunyi takarir dalam foto unggahan Kepa di akun Instagram-nya.

 

By admin