JawaPos.com–Hingga kuartal ketiga 2023, suntikan dana dari sektor pajak bumi bangunan masih terseok. Hal itu dibuktikan dengan jumlah wajib pajak (WP) dari PBB belum setengah bayar.

Berdasar catatan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Surabaya, total WP di Surabaya yang harus membayar PBB sebanyak 802.199 orang. Kepala Bapenda Surabaya Hidayat Syah mengatakan, hingga kini, yang sudah membayar PBB sejumlah 106.734 orang.

”Kami mengimbau agar masyarakat Surabaya yang belum membayar PBB segera bayar lah. Jangan sampai menunggu Juli, bayar sekarang tidak apa-apa,” ujar Hidayat saat dikonfirmasi.

Hidayat menyatakan, pendapatan dari PBB juga bakal dikucurkan untuk masyarakat kembali serta pembangunan kota yang lebih baik lagi. Dia berharap, masyarakat tidak mengulur waktu dalam pembayaran PBB.

PBB dibayarkan setahun sekali. Untuk mendulang pendapatan dari sektor PBB, Hidayat menyebutkan, pihaknya telah menjemput bola.

”Kami dekatkan layanan pembayaran PBB yang mau face to face, kami datang ke kelurahan-kelurahan. Bayar melalui online juga bisa sebetulnya,” jelas Hidayat.

By admin