JawaPos.com – Red Bull masih bukan lawan sepadan bagi tim-tim Formula 1 di seri pembuka GP Bahrain.

Hasil balapan Minggu malam (6/3) Max Verstappen dan rekan setimnya Sergio Perez sukses menapaki podium tertinggi serta runner up. Ini sekaligus menjadi finis 1-2 perdana Red Bull di musim 2023.

Verstappen meraih kemenangannya yang ke-36 sepanjang karir dengan selisih nyaman, yakni 12 detik, di depan Perez.

Sementara podium terakhir diamankan pembalap yang sepanjang akhir pekan menjadi sensasi di Sakhir. Dia adalah bintang Aston Martin yang baru Fernando Alonso.

Juara dunia dua kali Formula 1 tersebut berhasil mengonversi catatan positifnya sepanjang akhir pekan menjadi podium.

Bukan hanya itu, dalam perjalanannya menuju podium, Alonso dengan sensasional berhasil menyalip pembalap Mercedes George Russell dan rival lamanya Lewis Hamilton.

Padahal mobil Aston Martin AMR 23 menggendong mesin Mercedes.

”Kami saling menghormati satu sama lain (Alonso dan Hamilton),” ujar Alonso dilansir Crash.

”Tidak pernah sama ketika aku berduel dengan Lewis. Dia adalah salah satu legenda dalam olahraga ini. Dia bisa melakukan manuvr yang tak terduga dengan bakatnya.”

Ini menjadi podium perdana Alonso sejak GP Qatar 2021. Atau baru yang kedua setelah puasa panjang podium sejak GP Tiongkok 2014.

Alonso melakukan manuver tak terduga kepada Lewis dari sisi dalam tikungan 10 menuju 11. Tikungan yang sejatinya tidak biasa digunakan sebagai titik overtaking.

”Karena kami tidak bisa menandingi mereka (Mercedes) di trek lurus.”

Alonso meraih podiumnya setelah Charles Leclerc (Ferrari) mengalami masalah teknis hingga mobil terhenti di tengah lomba.

Setelah balapan perdana di Bahrain, Alonso sudah berani mengklaim bahwa AMR23 atau senjata baru Aston Martin adalah mobil terbaik kedua di F1 musim ini setelah RB19 milik Red Bull.

By admin