JawaPos.com – Borussia Dortmund (BVB) masih menyaingi Bayern Munchen di puncak klasemen Bundesliga hingga spieltag ke-23.

Hal itu tak lepas dari performa sempurna BVB sejak pergantian tahun. Sapu bersih delapan kemenangan mengangkat skuad Edin Terzic yang semula berada di peringkat keenam.

”Kami sedang menjalani sepekan yang krusial dan kami mengawalinya dengan bagus melawan Leipzig,” ucap Terzic di laman resmi klub.

Setelah kemenangan 2-1 atas RB Leipzig yang notabene peringkat keempat (3/3), BVB akan menjalani second leg 16 besar Liga Champions di kandang Chelsea (8/3). Sepekan krusial yang dimaksud Terzic diakhiri dengan Revierderby kontra Schalke 04 (12/3).

Terkait kunci sukses Marco Reus dkk memenangi semua laga sepanjang 2023, total 10 laga termasuk 1-0 atas Chelsea dalam first leg 16 besar Liga Champions (16/2) dan 2-1 kontra VfL Bochum di 16 besar DFB-Pokal (9/2), Terzic memberi jawaban.

”Karena kami menjadi klub paling bugar di Bundesliga,’’ katanya.

Statistik menunjukkan, Reus dkk mampu berlari rata-rata 3 kilometer per laga lebih cepat. Dari yang awalnya 112,5 kilometer berubah menjadi 115,3 kilometer.

Begitu pula penguasaan bola. Di musim lalu, BVB mencatatkan rata-rata 55 persen. Dalam tujuh laga terakhir, meningkat jadi 59 persen. Selisih sedikit dengan Bayern (60 persen).

”Dalam level ini, bukan hanya performa dan kualitas individu yang diperhitungkan. Melainkan juga kemauan untuk saling melengkapi satu sama lain, saat menyerang ataupun bertahan.”

”Kami melakukannya dengan sangat bagus,’’ beber Terzic seperti dilansir Ruhr Nachrichten.

Selain lebih banyak berlari, musim ini BVB mampu mencatatkan gol dari set piece lebih banyak (10 gol) berbanding musim lalu dengan 7 gol.

By admin