JawaPos.com – Fernando Alonso memang gagal meraih pole position pada sesi kualifikasi seri pembuka Formula 1 2023 di Bahrain tadi malam, Sabtu (4/3).

Namun sensasinya pada hari pertama dan kedua latihan bebas, sudah cukup mengejutkan segenap F1 lovers di penjuru dunia.

Bersama tim barunya Aston Martin,  Alonso tampil kuat pada rentetan dua hari pertama GP Bahrain. Pada latihan bebas kedua (FP2) Jumat (3/3), Alonso jadi yang tercepat. Hasil yang sama berlanjut di sesi FP3 kemarin.

Juara dunia F1 dua kali itu melesat sebagai yang tercepat pada FP3 tadi malam. Itu setelah pembalap 41 tahun tersebut membukukan catatan waktu 1 menit 32,340 detik. Lebih baik 0,005 detik dari sang juara dunia bertahan milik Red Bull Max Verstappen.

Sebelumnya, pada FP2, Alonso juga jadi yang tercepat. Raihan waktunya 1 menit 30,907 detik. Saat itu dia juga unggul atas Verstappen dengan 1 menit 31,376 detik. Hasil itu langsung membuat Alonso begitu percaya diri menghadapi balapan musim ini.

Termasuk untuk race perdana malam nanti (pukul 22:00 WIB). Pembalap Spanyol itu bahkan sudah berani berkata, hanya masalah waktu mobil AMR23 bermesin Mercedes milik timnya itu bisa menyaingi RB19 senjata Red Bull.

’’Kami melangkah ke arah yang benar. Banyak perubahan di tim ini. Bukan hanya untuk masalah performa mobil, melainkan di semua area. Tapi, kami masih butuh terus tumbuh. Dan kami menikmati prosesnya,’’ ucap Alonso dilansir Crash.

Di lain sisi, Verstappen mengaku masih kecewa dengan performa mobil barunya. Pembalap Belanda itu menyatakan, masih banyak detail kecil yang tidak dia pahami di mobil barunya itu.

Salah satu yang dia sebut masih tampak paling bermasalah adalah balance RB19 saat di lintasan. ’’Masih ada beberapa hal yang harus lebih aku pahami dari mobil ini. Aku masih berusaha menemukan ritme yang pas,’’ ucap Verstappen.

Pembalap 25 tahun itu menambahkan, timnya musim ini akan punya lawan berat baru, yakni Aston Martin.

’’Mereka sangat cepat. Itu sudah tampak di latihan bebas pertama. Mereka sedang menikmati momen baik. Sementara kami masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan,’’ jelas juara dunia F1 2021 dan 2022 tersebut dilansir Crash.

Sayangnya, hasil bagus Alonso tersebut tak berlanjut sampai kualifikasi. Karena pada Q3 Verstappen lah yang sukses meraih pole position perdana musim ini. Disusul rekan setimnya Sergio Perez di tempat kedua dan Charles Leclerc (Ferrari) di posisi ketiga.

Alonso sendiri bakal start di urutan kelima di belakang Carlos Sainz (P4).

 

 

By admin