JawaPos.com – Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan terus berinovasi. Kali ini, kantor imigrasi semarakkan Car Free Day di halaman parkir Stadion Akuatik Gelora Bung Karno dengan menggelar layanan keimigrasian melalui tema Car Free Day Immigration Service.

Tidak hanya layanan paspor yang dihadirkan pada kegiatan ini, Kantor Imigrasi Jakarta Selatan juga melayani permohonan Izin Tinggal bagi Warga Negara Asing berupa perpanjangan Visa on Arrival serta layanan informasi keimigrasian.

Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan, Felucia Sengky Ratna mengatakan gagasan atas layanan ini bermula dari tren lonjakan kebutuhan masyarakat terhadap paspor Republik Indonesia dan layanan keimigrasian lainnya seiring dengan transisi pandemi Covid-19 menuju endemi yang mempengaruhi peningkatan aktivitas perjalanan lintas negara.

“Merespons tren peningkatan perjalanan ke luar negeri yang berdampak pada kebutuhan paspor RI, layanan Car Free Day Immigration Service merupakan suatu terobosan yang diharapkan memberi warna baru untuk lebih memacu produktivitas kerja sekaligus menghadirkan layanan keimigrasian yang semakin dekat dengan masyarakat,” terang Sengky, Minggu (5/3).

Dikatakan Sengky, layanan akhir pekan yang secara rutin dilaksanakan pada hari Sabtu di Unit Utama, layanan same day akhir pekan juga dilaksanakan di Unit Layanan Paspor Lippo Mall Kemang pada hari Sabtu dan Minggu. Car Free Day Immigration Service menjadi wadah untuk mengakomodir tingginya kebutuhan masyarakat akan paspor Republik Indonesia.

Layanan ini terbukti menarik minat masyarakat dengan ludesnya 1.000 kuota permohonan paspor dalam waktu 2 hari. “Ini bisa terlihat dimana animo masyarakat sangat tinggi. 1.000 kuota ini yang sudah terdaftar di M-Paspor. Diluar itu kita terima layanan same day dengan batasan waktu sampai jam 11 siang,” tuturnya.

Pelayanan 1.000 paspor ini kembali pecahkan rekor MURI sebagai “Layanan Paspor Terbanyak di Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor”. Jumlah ini diklaim merupakan jumlah permohonan paspor tertinggi yang dilayani Kantor Imigrasi Jakarta Selatan dalam satu hari sekaligus.

Sertifikat rekor MURI diserahkan langsung oleh Ketua MURI Jaya Suprana kepada Felucia Sengky Ratna selaku Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan di Halaman Stadion Akuatik Gelora Bung Karno. “Pemilihan momentum Car Free Day merupakan solusi cerdas untuk menghadirkan layanan di tengah masyarakat. Dimana publik dapat memperoleh layanan yang mudah untuk diakses sekaligus melakukan aktivitas lainnya bersama keluarga,” ujar Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim.

Silmy menyebut, layanan ini menjadi salah satu bukti nyata perubahan imigrasi guna mewujudkan Indonesia yang semakin maju. Selain melayani 1.000 permohonan l paspor yang telah mendaftar secara online, Kantor Imigrasi Jakarta Selatan juga menawarkan layanan paspor same day bagi pemohon yang memiliki urgensi dan membutuhkan paspornya di hari yang sama.

Dengan jumlah layanan yang fantastis ini, tidak heran jika Kantor Imigrasi Jakarta Selatan menjadi barometer pelayanan keimigrasian di Indonesia. “Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung berjalannya acara ini. Kami berharap Kantor Imigrasi Jakarta Selatan dapat terus menorehkan prestasi dan memberikan kualitas layanan terbaik kepada publik,” tutur Felucia.

Sementara, Adit, salah satu pemohon mengaku sangat senang dengan dilaksanakannya layanan Car Free Day ini. Menurutnya, layanan ini sangat memudahkannya dan keluarga dalam mengurus paspor.

“Kami hanya menunggu sekitar 10 menit sudah dilayani oleh petugas. Apalagi tersedia juga layanan pengiriman dari PT Pos sehingga kami tidak usah bolak balik untuk melakukan pengambilan paspor. Semoga layanan ini dapat diadakan secara rutin karena sangat membantu,” kata Adit.

By admin