JawaPos.com- Sukses membawa pulang kembali Piala Adipura 2022, bukan lantas membuat jajaran Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemkab Sidoarjo bersantai-santai. OPD ini terus berupaya mempercantik dan memoles wajah Kota Delta.

Tidak hanya berfokus peningkatan penanganan sampah. menambah taman-taman kota, Ruang Terbuka Hijau (RTH). DLHK juga bersiap menyasar taman median dan bahu jalan. Bahkan, tahun ini juga akan menambah estetika pedistrian atau trotoar.

Kepala DLHK Pemkab Sidoarjo M. Bahrul Amig mengatakan, sebagian taman median jalan akan terus dilakukan pemeliharaan rutin serta perawatan. Saat ini, di beberapa median jalan sudah dilengkapi dengan ornamen untuk menambah estetika. Salah satu di antaranya di Jalan Cokronegoro.

Tahun ini, lanjut Ambig, bakal ada pembangunan taman bahu jalan. Saat ini perencanaan sudah masuk dalam lelang. Nanti, taman bahu jalan akan dikonsep ulang dengan desain yang baru. “Pokoknya keren lah,” ujar pejabat bergelar doktor dari Universitas Brawijaya ini seperti dilansir Jawa Pos Radar Sidoarjo.

Amig menjelaskan, dalam pekerjaan kali ini DLHK berkolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA). Sebab, tujuan utamanya adalah mengembalikan fungsi trotoar untuk para pejalan kaki. Caranya, membuat trotoar senyaman dan seindah mungkin. ‘’Sehingga pejalan kaki yang menggunakan merasa aman,’’ ujar Amig.

Sebagai langkah awal, pekerjaan itu akan diprioritaskan di beberapa titik. Mulai dari taman dermaga dekat Taman Abhirama hingga depan GOR Delta Sidoarjo. Amig menyebutkan, rencananya taman bahu jalan di sepanjang trotoar itu akan direvitalisasi. Pekerjaan fisik trotoarnya akan dilakukan Dinas PUBMSDA. Adapun, DLHK bertugas perbaikan tanamannya.

‘’Seperti perantingan pohon maupun penanaman pohon baru. Nanti para pejalan kaki yang menggunakan trotoar merasa nyaman, tidak kepanasan,’’ pungkasnya.

 Tambah Banyak PJU agar Semakin Terang

Sementara itu, pemkab melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo akan membangun 848 Penerangan Jalan Umum (PJU) baru tahun ini. Dengan demikian, Kota Delta semakin terang. Ratusan PJU itu akan dibangun di empat wilayah kawedanan Sidoarjo. Mulai wilayah Kecamatan Sidoarjo, Taman, Krian, dan Porong.

Kabid Penerangan Jalan Umum (PJU) Dishub Sidoarjo Arie Prabowo mengatakan, titik pemasangan PJU baru masih dikaji. Pengkajian melibatkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sidoarjo. “Sembari menunggu hasil Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan, Red) kabupaten. Tapi, jumlahnya pasti 848 titik,” ujarnya, Jumat (3/3).

Penambahan PJU baru merupakan usulan 202 yang berasal dari pokok-pokok pikiran (pokir) dan Musrenbang. Arie mengungkapkan, anggaran pembangunannya mencapai sekitar Rp 16 miliar.

Selain memasang PJU baru, Dishub juga melakukan pergantian lampu. Total ada 800 lampu yang akan diganti. Jumlah tersebut lebih sedikit jika dibanding tahun lalu yang mencapai 3.500 pergantian lampu PJU. Tahun ini, sebetulnya lebih sedikit karena keterbatasan anggaran. Namun, pihaknya masih mengusulkan untuk meminta tambahan anggaran.

“Semoga nanti usulan penambahan anggaran itu disetujui. Karena kalau tidak, jika ada yang rusak atau padam pada periode Agustus hingga Desember kami tidak bisa memperbaiki,” harap Arie Prabowo.

By admin