JawaPos.com – Liga 1 2022–2023 dipastikan tanpa degradasi. Meski begitu, papan bawah tetap memanas. Persik Kediri dan Barito Putera bakal saling sikut untuk keluar dari zona merah. Siapa yang akan keluar sebagai pemenang?

Semua akan terjawab kala kedua tim berduel di Stadion Brawijaya, Kediri, sore nanti (live Indosiar pukul 15.00 WIB). Barito berada di tangga ke-15 dengan 25 poin. Unggul dua poin atas Persik yang persis satu setrip di bawahnya. Kemenangan otomatis bakal membuat Persik melakukan kudeta. ’’Saya anggap laga besok (hari ini) adalah sebuah derbi. Kami harus fight untuk meraih tiga poin,’’ kata pelatih Persik Divaldo Alves.

Macan Putih punya modal bagus. Mereka baru saja meraih brace kemenangan. Lini depan juga sangat agresif. Mereka mencetak delapan gol dalam dua laga. Apalagi, tim tamu juga tidak tampil full team. Gelandang asal Jepang Ryota Noma absen akibat cedera.

Meski begitu, Divaldo tidak memikirkan komposisi pemain lawan. Sebab, ada hal lain yang membuatnya lebih khawatir. ’’Ancaman terbesar sebenarnya ada pada sosok coach Rahmad Darmawan. Dia sangat berpengalaman di Indonesia. Dia juga tahu gaya main Persik seperti apa,’’ ungkap pelatih asal Portugal tersebut.

Karena itu, meski ada pemain yang absen, Divaldo yakin Barito Putera tetap akan bermain baik. ’’Saya tahu coach Rahmad punya transisi permainan yang bagus. Pertahanan juga bagus. Bahkan, pemain depan selalu bantu ke tengah untuk bertahan,’’ beber Divaldo.

Taktik itu jelas bisa meredam agresivitas Macan Putih. ’’Makanya, saya minta anak-anak untuk main lebih sabar,’’ tambahnya.

Meski diwaspadai, pelatih Barito Rahmad Darmawan ogah jemawa. Dia justru melihat Persik sebagai tim yang bisa jadi ancaman. ’’Persik memiliki konsistensi dan motivasi bermain yang bagus dalam dua laga terakhir. Makanya, bukan hal mudah untuk menang di Kediri. Pemain butuh kerja keras,’’ beber pelatih yang akrab disapa RD itu.

Dia melihat Persik sangat solid. Apalagi, laga nanti digelar di kandang Macan Putih. ’’Tidak mudah untuk bisa mencuri poin di sini. Tapi juga bukan tidak mungkin kami bisa mencuri poin,’’ terang RD.

Tapi, dia memastikan anak asuhnya tidak keder. Persiapan melawan Persik sudah cukup baik. ’’Tidak ada kendala sama sekali dari pemain. Semua bisa saling mengisi dan memberikan yang terbaik,’’ tegas RD.

PERKIRAAN PEMAIN

Persik Kediri (4-2-3-1)

96-Kartika Ajie (g); 37-Agil Munawar, 2-Anderson do Nascimento, 16-Hamra Hehanusa, 7-Yusuf Meilana (c); 6-Bayu Otto, 32-Rohit Chand; 17-Ferinando Pahabol, 10-Renan Silva, 14-Miftahul Hamdi; 9-Flavio Silva; Pelatih: Divaldo Alves

Barito Putera (4-3-3)

30-Setya Beny (g); 66-Bagas Kaffa, 36-Renan Alves, 14-Nazar, 3-Yuswanto Aditya; 13-Bayu Pradana, 82-Aditya Putra, 95-Mike Ott; 17-Ferdiansyah, 7-Gustavo Tocantins, 26-Rizky Pora (c); Pelatih: Rahmad Darmawan

Venue: Stadion Brawijaya, Kediri

By admin