JawaPos.com – Jakarta LavAni Allo Bank mendominasi babak final four Proliga 2023. Dio Zulfikri dkk menyapu bersih tiga laga.

Itu setelah kemarin (3/3) mereka menang 3-1 (25-23, 25-21, 19-25, 25-22) atas Jakarta STIN BIN di GOR Jatidiri, Semarang. Itu jadi kemenangan kesepuluh berturut-turut yang diraih LavAni.

Kemenangan kemarin sekaligus memastikan LavAni meraih gelar juara putaran pertama final four. Capaian tiga kemenangan LavAni sudah tidak bisa dilampaui STIN BIN ataupun Jakarta Bhayangkara Presisi yang sementara berada di posisi kedua dan ketiga.

Asisten pelatih LavAni Samsul Jais menyebut servis sebagai salah satu kunci. Lima pemain yang berada di lapangan jarang melakukan kesalahan. ’’Kita mempunyai strategi kekuatan servis mantap,’’ kata Samsul.

Meski begitu, LavAni sebenarnya sempat kehilangan momentum pada set ketiga. Mereka kecolongan satu set saat STIN BIN tampil tanpa dua pemain asing. Yakni, Isaac Santos dan Rozalin Penchev.

Isaac diistirahatkan sejak awal set kedua, sedangkan Penchev keluar di pertengahan set ketiga.

Saat set keempat, tim juara bertahan Proliga 2022 itu juga sempat tertinggal 18-20 sebelum akhirnya bisa membalikkan keadaan. ’’Itu menunjukkan mental pemain LavAni bagus,’’ ucap Samsul.

Sama seperti beberapa laga sebelumnya, tidak ada satu pun pemain LavAni yang mendominasi perolehan poin. Fahri Septian, yang jadi pencetak angka terbanyak LavAni, hanya mencetak 18 poin.

Dia disusul Leandro Martins dengan 11 poin dan middle blocker Hendra Kurniawan (10 poin).

Sebaliknya, serangan STIN BIN sangat bergantung pada opposite Dimas Saputra dan outside hitter Farhan Halim. Keduanya masing-masing mencetak 25 dan 13 poin. Lima poin di antaranya berhasil mereka ciptakan lewat ace (servis masuk).

Meski begitu, servis juga jadi kelemahan STIN BIN. Saat awal set keempat, mereka melakukan banyak kesalahan sendiri. Beberapa kali servis justru mengenai net.

’’Kami lemah di dalam penyelesaian akhir. Angka sudah di atas 20 kemudian tertinggal,’’ keluh asisten pelatih STIN BIN Agus Jumaedi.

Di sektor putri, Bandung BJB Tandamata memastikan diri meraih gelar juara putaran pertama final four Proliga 2023. Itu setelah mereka menang meyakinkan 3-0 (25-18, 25-20, 25-15) atas Jakarta Pertamina Fastron.

Kini, tim juara bertahan Proliga 2022 itu hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan diri lolos ke babak grand final.

Sebab, tiga tim lain, yaitu Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta BIN, dan Pertamina Fastron, sama-sama baru meraih satu kemenangan.

By admin