JawaPos.com – Tanda-tanda bahwa musim baru Formula 1 bakal berlangsung lebih seru tergambar sejak latihan bebas hari pertama seri pembuka GP Bahrain, Jumat (3/3).

Aston Martin yang memang sudah tampil kuat di tes pramusim secara mengejutkan keluar sebagai yang tercepat.

Adalah pembalap gaek Fernando Alonso yang memuncaki daftar pembalap tercepat pada free practice 2 (FP2).

Alonso membukukan waktu lap 1 menit 30,907 detik. Raihan itu lebih cepat dari juara bertahan Formula 1 Max Verstappen (Red Bull) di tempat kedua dengan selisih 0.169 detik.

Di posisi ketiga ada rekan satu tim Verstappen, Sergio Perez 0,171 detik lebih lambat dari Alonso.

Kejutan lainnya datang dari pembalap Haas yang juga wajah lama Nico Hulkenberg yang mampu menyelesaikan sesi di peringat lima di, hanya satu posisi di bawah bintang Ferrari Charles Leclerc.

Alonso juga dilaporkan mencatatkan pace yang sama dengan Verstappen untuk simulasi balap, atau long run menggunakan ban bekas pada akhir FP2.

Juara dua kali Formula 1 tersebut melontarkan komentar peringatan kepada para rival-rivalnya. ”Hanya masalah waktu sampai Aston Martin memberikan ancaman kepada Red Bull.”

Meski begitu, Alonso momen tersebut tidak akan datang dalam waktu singkat.

”Tentu saja, ini adalah langkah maju menuju arah yang tepat. Mobil terasa nyaman. (Sekarang) kami perlu menunggu dan melihat (apa yang akan terjadi),” ujarnya dikutip dari Crash.

”Fokus kami bukanlah pada perolehan waktu (lap tercepat). Kami perlu perbaikan beberapa hal untuk set up. (Karena) ini baru permulaan.”

”Kami melakukan perubahan pada banyak hal. Mencoba menguatkan tim di semua sisi, bukan hanya performa mobil. Ini akan menjadi proses yang sangat menarik.”

Verstappen juga  mengakui ancaman dari Alonso. Tertutama untuk sesi kualifikasi. Karena FP2 adalah waktu yang bisa merepresentasikan kondisi sama dengan kualifikasi.

”Ya, mereka (Aston Martin) sangat cepat. ”Bahkan sejak dalam tes pramusim.”

”Kami tahu kami juga cepat, tapi kami perlu meletakkan semua detailnya secara proporsional (untuk memastikan mobil tampil dengan baik,” tandasnya.

By admin