JawaPos.com – Black Panther: Wakanda Forever tak cuma menggemparkan box office. Momen rilisnya di layanan streaming Disney+ disambut meriah. Mengutip rekapitulasi data Nielsen sepanjang Februari 2023 yang dirilis, Jumat (3/3), Black Panther 2 –yang rilis mulai 1 Februari– mencatat pekan debut terbaik. Sepanjang 30 Januari–5 Februari, film itu mencapai 2,269 miliar menit penayangan.

Catatan tersebut tak cuma jadi yang terbaik di sepanjang bulan lalu. Black Panther 2 pun ada di peringkat ketiga film streaming terlaris sepanjang masa, menggeser Wonder Woman 1984.

Namun, ia belum bisa menggeser dua peringkat di atasnya: proyek Netflix Glass Onion: A Knives Out Mystery dan Hocus Pocus 2. Perlu diketahui, Nielsen mulai membuka chart khusus rilisan streaming mulai 2020.

Film yang dibintangi Angela Bassett dan Letitia Wright itu juga memiliki penonton yang cukup beragam. Sebesar 29 persennya merupakan Hispanik, sedangkan 20 persen lainnya adalah kalangan kulit hitam.

Keberagaman latar belakang penonton itu tidak terlepas dari pilihan cast di Black Panther 2. Di film keduanya, sutradara Ryan Coogler memperkenalkan suku perairan Talokan yang dipimpin Namor. Para penduduk Talokan diperankan aktor dan aktris berdarah Hispanik.

Sementara itu, catatan impresif kembali dicetak serial HBO The Last of Us. Serial adaptasi game PlayStation itu resmi menembus 1 miliar menit streaming di pekan pertama Februari. Bahkan, dalam data kemarin, serial itu telah mencapai 1,2 miliar menit.

Kenaikannya mencapai 36 persen dibanding minggu sebelumnya, yang ada di kisaran 877 juta menit. Namun, pihak Nielsen menyatakan, data itu hanya berdasar jam penayangan di HBO Max dan belum termasuk jam tayang dari kanal linear HBO lainnya.

Daftar billion minutes club, alias grup film atau serial dengan jumlah streaming lebih dari 1 miliar menit, ditutup Minions: The Rise of Gru. Film tersebut meraih 1,184 miliar menit streaming di pekan kedua penayangannya.

Catatan itu jelas menggembirakan buat Illumination, rumah produksi animasi penggarap. Pada rilisnya di 2022, sekuel Minions itu mampu menjadi salah satu film terlaris. Bahkan, para minions sukses mengalahkan jagoan blockbuster lain seperti Sonic the Hedgehog 2, The Batman, dan Black Adam.

By admin