JawaPos.com- Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus Surabaya sedang kejar target menyelesaikan pengajuan berkas paspor calon jemaah haji (CJH) Surabaya. Penerbitan paspor itu ditarget rampung minggu ini.

Ada tiga wilayah yang menjadi kerja sama Kanim Kelas I Khusus Surabaya dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kanwil Jatim. Yakni, Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto. Total ada 645 berkas paspor calon jemaah haji Surabaya yang diajukan.

Kepala Seksi Dokumen Perjalanan Kanim Kelas I Khusus Surabaya Endar Prasetyo mengatakan, verifikasi itu menggunakan layanan Eazy Passport yang bekerja sama dengan Kemenag setempat. Pihaknya datang ke lokasi untuk melakukan wawancara dan foto. ’’Verifikasi dan penerbitan paspornya tetap di kantor,’’ ucapnya kemarin (28/2).

Dari tiga wilayah yang menjadi tanggung jawab Kanim Kelas I Khusus Surabaya, layanan Eazy Passport untuk calon jemaah haji masih dilakukan di Surabaya. ’’Sisanya, kami menunggu berkas yang diajukan masing-masing kantor Kemenag,’’ lanjutnya.

Endar menjelaskan, 645 berkas yang masuk saat ini sedang diverifikasi. Dia menargetkan semua paspor bisa diterbitkan pekan ini. Namun, ada beberapa berkas yang setelah diverifikasi ternyata mengalami duplikasi paspor. Atau, pemilik berkas tersebut terdeteksi pernah membuat paspor. ’’Ini bisa disebabkan lupa kalau sudah pernah punya paspor atau sengaja buat lagi karena masanya habis,’’ terangnya.

Mengenai duplikasi paspor tersebut, pihak imigrasi akan menggantinya dengan paspor baru. Tentunya, tetap berkoordinasi dengan Kemenag setempat. Termasuk mencari tahu kebenarannya. Apakah paspornya hilang, rusak, atau seperti apa.

Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kanim Kelas I Khusus Surabaya Ika Rahmawati mengatakan, pembuatan paspor untuk calon jemaah haji tersebut dilakukan kolektif. Ada tim khusus yang dibentuk untuk membantu penerbitan paspor.

Berdasar data yang diterima Jawa Pos, estimasi calon jemaah haji di Surabaya tahun ini mencapai 2.701 orang. Menurut Ika, imigrasi menerbitkan paspor sesuai berkas yang diajukan kolektif.

By admin