JawaPos.com – Sirkuit Catalunya akan menggunakan konfigurasi lintasan orisinal untuk gelaran balap Formula 1 GP Spanyol musim ini. Itu menyusul sejumlah revisi dan penambahan fasilitas keselamatan.

Sirkuit yang terletak di pinggiran Kota Barcelona itu untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah GP Spanyol pada 1991 dan telah mengalami sejumlah modifikasi sejak itu.

Pada 2007, satu chicane ditambahkan sebelum tikungan terakhir sirkuit tersebut. Namun, tikungan s itu (yang saat ini menjadi tikungan 14-15) akan dihapus untuk mengembalikan desain lintasan aslinya.

Karena itu, perubahan tersebut akan menyajikan dua tikungan cepat untuk para pembalap di setiap akhir lap dan memperbesar peluang menyalip. Fakta itu akan membuat balapan menjadi ketat jelang finis.

Penghapusan chicane tersebut sudah menjadi topik pembahasan dalam beberapa tahun terakhir, dan pada akhirnya mendapatkan persetujuan FIA dan homologasi trek untuk konfigurasi lintasan yang baru.

Sirkuit tersebut juga akan mengalami sejumlah perubahan, antara lain pelebaran area run-off di tikungan pertama, termasuk penambahan gravel dan pagar pembatas di tikungan 1 dan 2 untuk meningkatkan keselamatan pembalap.

Papan skor di jalur keluar pit juga akan diperbarui, termasuk penambahan menara sinyal.

Area hospitality dan korporat pit building di sepanjang lintasan lurus utama juga akan diperbesar dan diperbarui untuk gelaran GP Spanyol, yang menjadi seri kedelapan di kalender Formula 1 pada 2-4 Juni mendatang.

Formula 1 telah merampungkan sesi tes pramusim selama tiga hari di Sirkuit Internasional Bahrain pekan lalu. Seluruh kontestan akan bersiap untuk seri pembuka di negara Teluk itu pada akhir pekan ini.

By admin