JawaPos.com- Kota Surabaya terus bersiap menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 yang direncanakan mulai Mei 2023 nanti. Bukan hanya fasilitas olahraga, tetapi juga fasilitas akomodasi. Setidaknya, ratusan hotel di Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik) sudah dipersiapkan.

‘’Ada persiapan besar-besaran untuk menampung puluhan ribu tamu dari mancanegara. Total, ada lebih dari 30 ribu kamar hotel yang disiapkan teman-teman hotel untuk acara tersebut,” jelas Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur Dwi Cahyono, kemarin (27/2).

Kamar-kamar itu akan ditempati atlet dan official team yang mendampingi. Dia menyebutkan, ada sekitar 120 hotel di Surabaya yang akan terlibat. Bukan hanya di Surabaya, hotel di kota-kota sekitarnya juga turut berpartisipasi. Hotel di Sidoarjo dan Gresik juga mulai mempersiapkan diri sejak saat ini. ”Karena tidak mungkin hanya di Surabaya. Jadi, dua kota tersebut memang ikut bersiap,” ungkapnya.

Untuk detailnya, Dwi belum bisa memastikan. Yang peasti, sejauh ini pihaknya hanya bisa menjabarkan perkiraan jumlah kebutuhannya. ”Saya juga masih menunggu informasi kebutuhan atau syarat lain yang perlu dipenuhi,” katanya.

Karena itu, dia mendorong kesiapan hotel maupun pelaku wisata untuk menonjolkan lokalitas. Langkah itu dilakukan sebagai ajang promosi perkenalan Surabaya dan Jawa Timur di kancah internasional.

”Lokalitas ini bisa dari berbagai sisi. Misalnya, makanan-makanan khas itu bisa disediakan di restoran hotel. Selain itu, hiburan kesenian tradisional atau oleh-oleh khas bisa digunakan untuk promosi,’’ paparnya.

Marketing Communication Hotel Ciputra World Surabaya Stephanie Caroline menyatakan, pihaknya juga antusias dengan acara yang diikuti berbagai negara tersebut. ”Tahun ini industri perhotelan Surabaya sudah siap banget dengan banyak helatan,” kata dia.

Acara internasional pasti berdampak pada serapan sewa kamar. ”Bukan hanya untuk hotel yang resmi, tapi juga hotel-hotel di sekitarnya,” ujarnya. Banyaknya kegiatan skala nasional hingga internasional di Surabaya memang menjadi angin segar di tahun ini.

By admin