JawaPos.com – Dalam satu bulan ini, pelecehan seksual yang diketahui dan dilaporkan korban terjadi dua kali di bus Transjakarta. Untuk meminimalisasi hal itu, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah operasional bus pink khusus perempuan.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan, ada 15 armada bus pink tambahan yang akan dioperasikan di lima koridor, yaitu Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), Koridor 9 (Pinang ranti-Pluit), Koridor 13 (Ciledug-Tendean), dan PGC-Harmoni (5C)

“Transjakarta memperluas operasi bus pink agar dapat menjangkau lebih banyak penumpang wanita,” ujar Apri dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (28/2).

Dengan begitu, Apri menyebutkan saat ini total bus pink yang beroperasi bertambah menjadi 20 unit di 7 rute hingga Maret mendatang.

Dengan adanya bus pink ini, ia berharap para pelanggan, khususnya pelanggan wanita tidak perlu lagi merasa takut menaiki transportasi publik.

“Bus pink hadir untuk meminimalkan risiko pelecehan seksual. Kami ingin penumpang wanita dapat menikmati layanan Transjakarta dengan merasa aman dan nyaman,� ucapnya.

Di sisi lain, ia menerangkan bahwa armada bus reguler, Transjakarta juga memiliki ruangan khusus wanita serta dilengkapi dengan kamera pengawas (CCTV) untuk mengawasi perilaku tak senonoh dalam bus.

By admin