JawaPos.com- Pendaftaran seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) akan ditutup pada Selasa (28/2). Sekolah pun memastikan siswa untuk segera bisa melakukan pendaftaran hingga finalisasi. Salah satunya, memfasilitasi sarana dan prasarana untuk memudahkan siswa mendaftar di sekolah.

Siswa kelas XII SMAN 16 Surabaya Nabila Azzahra Nurifan menyatakan sudah selesai memilih program studi (prodi) administrasi publik di Universitas Brawijaya pada pilihan 1 dan prodi ekonomi keuangan perbankan untuk pilihan 2. ’’Saya memilih mendaftar di sekolah agar didampingi. Sebelumnya sudah konsultasi dengan guru BK (bimbingan konseling),’’ kata siswa jurusan IPA itu.

Begitu juga dengan Naufal Zul Fahmi. Dia juga sudah mendaftar dengan pilihan 1 prodi manajemen di Universitas Airlangga (Unair) dan pilihan 2 prodi manajemen di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). ’’Selama mendaftar, tidak ada kendala,’’ ujarnya.

Kepala SMAN 16 Surabaya Dr Moch. Usman MPd menyatakan, sekolah memfasilitasi siswa untuk mendaftar SNBP di sekolah hingga tuntas. Fasilitas tersebut dibuka sejak Kamis (23/2) lalu. Total ada 40 unit komputer yang disiapkan yang terbagi di dalam dua laboratorium. ’’Banyak siswa yang memanfaatkan fasilitas tersebut. Kami juga terjunkan tim IT ketika terjadi kendala sistem,’’ kata dia.

Usman menuturkan, siswa eligible sudah mendapat pendampingan agar ketika mereka memilih prodi dan perguruan tinggi tidak asal. Sebab, salah satu komponen yang dilihat adalah mata pelajaran (mapel) penunjang yang dimiliki. ’’Ada pendampingan dari guru BP, wali kelas, dan tim IT,’’ tuturnya.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENDAFTAR SNBP

  • Pendaftaran ditutup pada 28 Februari 2023 pukul 15.00.
  • Setiap siswa dapat bebas memilih dua prodi dari satu PTN atau dua PTN. Jika memilih dua prodi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan sekolah asal. Sementara itu, jika memilih satu prodi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
  • Peserta yang memilih prodi bidang kesenian dan olahraga wajib melampirkan portofolio sesuai dengan ketentuan SNPMB 2023.
  • Siswa dinyatakan sudah mendaftar ketika sudah melakukan finalisasi data dan cetak kartu peserta.

By admin