JawaPos.com – Dinas Sumber Daya Air (SDA) mengerahkan belasan personil untuk menangani banjir setinggi 10 cm yang merendam Jalan Marunda Makmur RW 02 Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing. Penanganan banjir ini menggunakan pompa apung.

“Kita operasikan peralatan pompa apung dan satgas kuras lumpur untuk mengatasi genangan di lokasi yang tepatnya berada di depan garasi Pos 3 Marunda,” ujar Kasatpel SDA Kecamatan Cilincing Cahyono Budi Setiawan, Senin (27/2).

Sementara untuk pembuangan genangannya diarahkan ke kolam retensi KBN dekat SPBU Marunda,” sambungnya.

Atas hujan yang tak henti-hentinya di wilayah DKI seminggu terakhir ini, Cahyono mengimbau kepada masyarakat Jakarta Utara agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya potensi banjir. Seperti hujan yang terjadi pada Minggu (26/2) malam hingga Senin (27/2) pagi disertai angin kencang melanda wilayah DKI Jakarta sehingga dapat memicu terjadinya genangan air di sejumlah lokasi.

Ia menegaskan bahwa Kasatpel SDA Kecamatan Cilincing bersama jajaran akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam melakukan penanganan genangan air di wilayah Kecamatan Cilincing.

“Adapun tindak lanjut yang dilaksanakannya adalah mensurvei lokasi titik genangan dan upaya perbaikan fisik seperti pembuatan crossing, pengiriman pompa mobile di Rumah Pompa Bulak Cabe untuk percepatan penyurutan, dan mengoperasikan pompa apung serta pembersihan tali-tali air,” tandas Cahyono.

Sebelumnya, Jumlah daerah banjir di DKI Jakarta bertambah dua kali lipat lebih banyak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan per pukul 09.00 WIB, banjir menggenangi 48 RT di ibu kota. Ketinggian air di beberapa lokasi mencapai hingga 100 cm.

Hal itu dikarenakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (26/02) yang menyebabkan kenaikan status siaga Pintu Air Manggarai menjadi Siaga 3 (Waspada), Bendung Katulampa Siaga 3 (Waspada), Pintu Air Karet Siaga 3 (Waspada), Pos Angke Hulu Siaga 3 (Waspada), dan Pos Sunter Hulu Siaga 3 (Waspada).

“BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 24 RT, saat ini menjadi 1 ruas jalan tergenang dan 48 RT,” ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (27/2).

By admin