Dua Kekuatan Barito Putera yang Layak Diwaspadai Persib Bandung pada Laga Pekan Ke-27 BRI Liga 1

 

JawaPos.com – Persib Bandung memang menjalani periode apik di pentas Liga 1 sejauh ini. Namun, bukan berarti tren itu dapat memudahkan langkah Persib saat menghadapi tuan rumah Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalimantan Selatan, Senin (27/2/2023).

Persib saat ini berada di peringkat kedua dengan torehan 52 poin dari 25 pertandingan. Mereka hanya terpaut empat poin dari penguasa klasemen, PSM Makassar, yang sudah menjalani 26 pertandingan.

Namun, Barito Putera selaku tuan rumah tentunya ingin bangkit dihadapan para pendukungnya. Mereka menginginkan hasil positif di kandang setelah menelan kekalahan dari Arema FC (0-1) dan Persija Jakarta (1-2).

Karena itu, Rahmad Darmawan selaku pelatih kepala mengharapkan Laskar Antasari tak boleh kecolongan poin lagi. Apalagi, mantan pelatih Persija itu memiliki dua senjata yang siap diturunkan pada lagan anti.

Keduanya adalah dua legiun asing, Renan Silva dan Gustavo Tocantins. Dua pemain asal Brasil itu cukup berbahaya, meski Tocantins baru gabung pada putaran kedua ke Barito Putera.

Renan Silva yang berposisi sebagai bek tengah sudah mengoleksi lima gol dalam 24 kali penampilannya bersama Barito Putera. Lima gol yang dia ciptakan masing-masing saat menang 3-1 lawan Borneo FC, dan kalah 1-2 dari Bali United.

Kemudian imbang 1-1 ketika bersua Arema FC pada putaran pertama, menang 3-0 lawan Persita Tangerang, dan menang 2-1 atas Bali United pada putaran kedua Liga 1 musim ini.

Sementara itu, Gustavo Tocantins merupakan rekrutan baru Barito Putera pada bursa transfer paruh musim.

Eks pemain Persikabo 1973 itu telah mengoleksi delapan gol, yang enam di antaranya tercipta saat bersama Persikabo. Sementara dua gol lainnya dicetak Tocantins bersama Barito dalam tujuh laga.

Dua pemain asing itu dipastikan akan merepotkan barisan belakang Maung Bandung, apalagi Persib harus kehilangan tiga pemainnya yang cukup berpengaruh seperti Nick Kuipers, Ricky Kambuaya, dan Ciro Alves lantaran akumulasi kartu.

By admin