JawaPos.com – Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Inspeksi, Semanan, Kalideres, Jakarta Barat. Tepatnya di persimpangan Stasiun Kalideres. Dalam rekayasa itu, kendaraan mobil akan dilarang melintas di kawasan tersebut.

“Nanti ada pengaturan pintu, jam sibuk itu, dan hanya motor yang bisa lalu di sini. Mobil tidak bisa, kecuali warga,” ujar Wakil Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir kepada wartawan, Senin (27/2).

Dengan adanya rekayasa lalu lintas tersebut, Chaidir mengharapkan dapat mengurangi kemacetan pada jam-jam sibuk di kawasan itu.

“Rekayasanya berkaitan dengan pengaturan lalin supaya tidak macet di jam sibuk,” terangnya.

Rekayasa lalu lintas semacam ini, katanya akan diberlakukan di lokasi lain yang juga sering mengalami macet pada jam-jam sibuk.

“Di titik yang rawan kemacetan. Ya kan kita diberikan tugas untuk mengatasi kemacetan. Di sini salah satunya, lalu ada beberapa lagi,” tandas Chaidir.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau persimpangan Stasiun Kalideres, Jakarta Barat. Hal itu dalam kesempatan itu, ia melihat situasi lalu lintas di perlintasan kereta api itu yang selalu macet, terutama saat jam sibuk.

Untuk mengatasinya, ia mengatakan Pemprov DKI melakukan rekayasa lalu lintas yang mulai diuji coba hari ini. Caranya yaitu dengan memberlakukan sistem satu arah.

“Jalan inspeksi untuk dilakukan rekayasa lalu lintas satu arah, sehingga kendaraan tidak bisa melintas (di jalur tertentu),” ujarnya kepada wartawan, Senin (27/2).

Dalam pelaksanaannya, Heru menugaskan jajarannya untuk melakukan pengawasan agar rekayasa lalu lintas tersebut berjalan dengan lancar.

“Nanti ada uji coba yang akan diawasi Pak Wali Kota (Jakarta Barat) dan Kadishub,” ungkapnya.

By admin