JawaPos.com – Polri memutasi 92 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen). Jenderal bintang tiga yang turut dalam gerbong mutasi kali ini adalah Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto dan Kabaintelkam Komjen Ahmad Dofiri.

Terdapat dua telegram terkait pergantian pati dan pamen Polri tersebut, yakni ST/497/II/KEP/2023 dan ST/498/II/KEP/2023 bertanggal 26 Februari 2023. Dalam telegram itu, Komjen Agung Budi Maryoto yang kini menjabat Irwasum Polri dimutasi menjadi pati Itwasum dalam rangka pensiun. Posisinya digantikan Komjen Ahmad Dofiri yang sebelumnya merupakan Kabaintelkam.

Lalu, posisi Kabaintelkam akan diduduki Irjen Wahyu Widada. Wahyu meninggalkan posisi asisten sumber daya manusia (As SDM) Kapolri yang selanjutnya akan diisi Irjen Dedi Prasetyo. Dedi saat ini adalah Kadivhumas Polri. Brigjen Sandi Nugroho yang kini menjabat Karojianstra akan menggantikan tugas Dedi sebagai Kadivhumas.

Dalam telegram tersebut juga ada mutasi untuk Wakapolda Jatim Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo. Dia diangkat menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama. Posisi Slamet Hadi akan digantikan Kombespol Akhmad Yusep Gunawan, Kapolrestabes Surabaya. Posisi Akhmad Yusep di Polrestabes Surabaya digantikan Kombespol Pasma Royce yang sebelumnya menjabat Kapolres Metro Jakarta Barat.

Kadivhumas Polri Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan, mutasi tersebut dalam rangka pensiun dan promosi. ”Ini hal alamiah dalam organisasi kepolisian,” ujarnya.

Dengan rotasi, personel bisa melakukan tour of duty. Diharapkan, kinerja personel meningkat.

By admin