JawaPos.com – Polda Aceh memiliki armada helikopter. Angkutan udara itu bakal digunakan sewaktu-waktu oleh Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar.

Sebelum digunakan Ahmad Haydar bersama Wakapolda Aceh Brigjen Syamsul Bahri mengecek kondisi kelaikan helikopter tersebut.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto mengatakan pengecekan helikopter dilakukan hanggar di kompleks Mapolda Aceh, Kota Banda Aceh.

“Pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan kelaikan helikopter yang digunakan jajaran Polda Aceh,” kata Joko Krisdiyanto seperti dilansir Antara, Senin (27/2).

Joko menuturkan, helikopter tersebut digunakan sebagai transportasi udara saat berdinas dalam situasi dan ke lokasi tertentu. Contohnya ntuk untuk pemantauan udara terkait tambang ilegal dan penebangan hutan tanpa izin.

Sebelum digunakan nanti, Irjen Ahmad Haydar mengingatkan kru helikopter untuk merawat rutin dan memastikan kelaikan terbang moda transportasi udara tersebut.

“Kapolda ingin memastikan kelaikan helikopter bila sewaktu-waktu digunakan untuk kepentingan dinas. Hal ini untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat,” kata Joko.

Selain memastikan kelaikan, pengecekan itu sebagai bentuk pengawasan melekat untuk meminimalkan kemungkinan yang tidak diinginkan saat helikopter diterbangkan.

“Pengecekan ini bagian pengawasan melekat Kapolda Aceh terhadap inventaris dinas strategis yang dimiliki Polda Aceh,” katanya.

By admin