JawaPos.com- Pada 26 Februari 2021, Bupati Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Aminatun Habibah dilantik. Artimya, tepat dua tahun sudah roda Pemkab Gresik dinakhodai pria 37 tahun itu. Dua tahun berjalan, banyak capaian prestasi yang sudah diraih untuk kemajuan Kota Pudak.

Sejak pertama menjabat, Yani, sapaan Bupati Fandi Akhmad Yani, salah satunya ingin menggenjot investasi di Gresik. Benar saja, pada 2021 realisasi investasi di Gresik mencapai USD 293 ribu atau 154,39 persen dari target 2021. Modal bagus itu tidak semata untuk berhenti.

Pada 2022, Kabupaten Gresik berhasil menyabet gelar juara investasi se-Jawa Timur. Tidak tanggung-tanggung, gelar juara tersebut diraih Kabupaten Gresik dalam dua kategori sekaligus. Yakni, kategori Kabupaten/Kota Pembina Investasi Daerah Terbaik 2022 dan kategori Kabupaten/Kota Kinerja Investasi Terbaik 2022.

Hasilnya, sepanjang 2022 itu, total investasi yang masuk di Gresik mencapai total Rp 31,6 triliun atau USD 674.077. Jumlah itulah yang membawa Kabupaten Gresik menjadi yang terbaik di Jawa Timur.

Yani menyatakan, melejitnya investasi di Gresik itu akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi. Bahkan, tingginya investasi sejalan dengan turunnya angka pengangguran terbuka di Gresik kini turun di angka 8 persen. ’’Tujuan akhirnya, tentu saja mengurangi angka kemiskinan, atau dengan kata lain kesejahteraan ekonomi warga Gresik bisa meningkat,’’ ucapnya.

Mantan ketua DPRD Gresik itu menyebutkan, selain investasi, pada 2022 Gresik sudah mencapai universal health coverage (UHC) sebesar 99,65 persen. Tidak hanya itu, di bidang kesehatan lainnya dia juga akan menyekolahkan dokter spesialis untuk bertugas di Pulau Bawean yang selama ini menjadi kendala.

Dan, tahun ini akan mewujudkan pembangunan rumah sakit baru untuk pemerataan di wilayah Gresik Selatan. Yakni, Rumah Sakit Gresik Sehati. Di bidang pendidikan, pemkab juga telah membangun unit sekolah baru (USB) SMPN 34. Meski belum selesai pada 2022, tahun ini pembangunan itu akan dilanjutkan.

Di bidang infrastruktur, antara lain, telah menghidupkan nuansa kejayaan Gresik era lama dengan menata kawasan heritage Bandar Grissee.

By admin