JawaPos.com–Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 2023. Perhelatan akbar itu akan terselenggara mulai 20 Mei hingga 11 Juni di enam stadion. Yaitu, Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Jakabaring (Palembang), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade yang juga perwakilan Semen Padang FC berharap penyelenggaraan Piala Dunia U-20 berjalan sukses. Sebab, itu adalah ajang yang sangat bergengsi. Banyak pemain top dunia lahir lewat Piala Dunia U-20. Salah satunya, Harry Kane.

Ya, Harry Kane yang dikenal sebagai penyerang untuk klub Liga Utama Inggris Tottenham Hotspur dan tim nasional Inggris adalah anggota skuad di Piala Dunia U-20 pada 2013. Pada ajang itu, Kane tampil di ketiga pertandingan fase grup yang saat itu digelar di Turki. Dari sana, Kane melanjutkan jenjang karirnya ke timnas senior Inggris pada 2015 saat Inggris menghadapi Lithuania di Stadion Wembley pada Maret.

Selain Kane, bintang timnas Argentina Lionel Messi juga merupakan jebolan Piala Dunia U-20. Ketika itu, Messi menembus skuad Argentina U-20 saat baru berusia 18 tahun. Dia sukses membawa Argentina U-20 juara Piala Dunia U-20 2005 yang saat itu digelar di Belanda.

Dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, PSSI memegang kendali penting dalam kesuksesan ajang tersebut. Andre optimistis Ketua Umum PSSI Erick Thohir bisa memegang peran penting dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Menurut Andre, Erick dikenal telah memiliki rekam jejak di dunia sepak bola. Apalagi, menteri BUMN tersebut pernah terlibat dalam pengembangan tim sepak bola kelas dunia Inter Milan.

Menurut Andre, pengalaman Erick yang pernah menduduki posisi presiden Inter Milan juga menjadi modal awal yang baik untuk memajukan dunia sepak bola Indonesia.

”Beliau memiliki modal dasar dan pengalaman yang cukup karena sempat memimpin klub sepak bola kelas dunia. Selain itu, beliau juga punya pengalaman di Perbasi. Bagaimana beliau membangun olahraga basket di Indonesia sehingga mendapatkan prestasi juga diharapkan bisa diaplikasikan dalam dunia sepak bola Indonesia,” kata Andre.

Selain itu, menurut dia, sepak terjang Erick sebagai Menteri BUMN juga berhasil membenahi BUMN yang sebelumnya terpuruk. Pencapaian itu tercermin dari kinerja BUMN yang kini bisa mengantongi laba bahkan dapat menyetorkan dividen terbesar dalam sejarah Republik Indonesia.

”Hal ini memberikan optimisme bahwa Erick Thohir bisa melakukan perubahan yang signifikan di dunia sepak bola Indonesia,” ucap Andre.

By admin