Rembrary adalah seorang pontifex yang tiba-tiba turun takhta. Dia dikirim ke bumi dan menjelma jadi seorang idola yang nyaris gagal. Walau perjalanan barunya penuh tantangan, nasib baik selalu menyertai. Dengan cara tak terduga, dia mengubah hidup banyak orang di sekitarnya.

SEBAGAI pontifex –pendeta tertinggi di sebuah agama– Rembrary (Kim Min-kyu) punya kekuatan ilahiah terkuat. Namun, dia dan pasukannya tak mampu mengalahkan Sang Iblis (Lee Jang-woo). Rembrary langsung turun takhta. Dia turun ke bumi dan merasuki Woo Yeong-woo, personel Wild Animals, grup mang-dol alias gagal. Sayang, momen turunnya Rembrary tak tepat.

Wild Animals menjalani comeback penentuan. Jika gagal, grup itu bakal dibubarkan. Celakanya, Yeong-woo ’’versi baru” tak mampu menguasai koreografi. Teman-teman segrupnya pun merasa aneh lantaran Yeon-woo berbicara seperti lakon drama sejarah. Dia jadi sorotan setelah mematung di sepanjang siaran langsung. Walau dicibir warganet, video penampilan itu membuat Yeong-woo viral.

Tawaran tampil di acara YouTube sampai show musik pun bermunculan. CEO LLL Entertainment Im Sun-ja (Ye Ji-won) bungah. Dia memanfaatkan hal itu buat melejitkan Wild Animals. Sun-ja menerima berbagai tawaran yang tak masuk akal. Misalnya, tampil di kanal YouTube julid sampai undangan dari survival show yang dikenal karena editing kejam.

Namun, perubahan itu justru membingungkan Kim Dal (Go Bo-gyeol), fans berat Yeon-woo. Dia merasa, idolanya berubah menjadi orang lain. Selain itu, Dal juga cemas karena keputusan agensi yang dinilai bakal mencoreng citra Wild Animals. Dia pun berusaha keras membantu grup idolanya. Termasuk melamar menjadi manajer.

Perlahan, Yeon-woo mampu menyesuaikan diri. Dia mengejar ketertinggalannya dengan kelas vokal dan dance tambahan. Pada saat yang bersamaan, Iblis mengikuti jejaknya di bumi. Sang Iblis merasuki Shin Jo-woon, wakil direktur RU E&M, agensi rival. Beruntung, dewi penguasa Dunia Lain mengirim utusan untuk menjaga pontifex.

Drama adaptasi webtoon The Heavenly Idol memadukan fantasi, komedi, romansa, serta kehidupan idola-fans. Sutradara Lee So-yoon dan Park So-yeon tak luput mengadopsi humor komikal versi aslinya. Meski dibuka dengan fantasi, serial baru tvN itu memotret banyak sisi industri K-pop. Misalnya, perjuangan menjadi fans grup yang kurang populer, tawar-menawar pihak agensi dan stasiun TV untuk eksposur, hubungan antara manajer dan idolanya, sampai ketatnya pola hidup idol.

Nyatanya, penggambaran itu diakui oleh Ye Ji-won, pemeran bos agensi Sun-ja. Dia menjelaskan, industri hiburan sangat kompetitif. ’’Tapi, aku senang. Karakterku sangat optimistis. Dia tidak menyerah menggapai impiannya, mengawal grup penuh bakat, meski penuh kesulitan,” paparnya dalam konferensi pers awal bulan ini.

The Heavenly Idol juga didukung chemistry Bo-gyeol dan Min-kyu. Min-kyu menyatakan, keduanya nyambung karena hobi bercanda dan punya selera humor yang mirip. ’’Min-kyu punya talenta membuat orang sekitarnya nyaman. Dia adalah moodmaker yang membuat suasana ceria,” imbuhnya. Keduanya menceritakan, selama syuting, mereka dan personel Wild Animals menjadi satu geng yang solid.

Di luar ’’gado-gado’’ cerita dan banyaknya tokoh, The Heavenly Idol juga menekankan hubungan idola dengan fans yang unik dan (seharusnya) saling menguntungkan. Meski merupakan fans berat, Kim Dal tak melanggar privasi idolanya. Di sisi lain, idola –tak peduli paras, ketenaran, maupun pencapaiannya– selalu punya arti bagi penggemarnya.

THE HEAVENLY IDOL

Rating sensor: 13+

Sutradara: Park So-yeon, Lee So-yoon

Penulis: Shin Hwa-jin (webnovel), Lee Cheon-geum

Penyiaran: tvN, Viu, Vidio

Episode: 12 (telah tayang 4 episode)

Pemeran: Kim Min-kyu, Go Bo-gyeol, Lee Jang-woo, Ye Ji-won

AsianWiki: 92%

IMDb: 8,9/10

By admin