JawaPos.com – PT PLN (Persero) mengklaim penggunaan mobil listrik lebih hemat sekitar 75 persen bahan bakar dibandingkan dengan mobil konvensional atau berbahan bakar minyak (BBM). Sebagai gambaran, mobil BBM dengan jarak tempuh 10 kilometer (km) menghabiskan 1 liter BBM. Sedangkan mobil listrik dengan jarak sama menghabiskan 1,2 kWh.

Maka, dengan asumsi tarif listrik sebesar Rp 1.699,53 per kWh, hanya diperlukan sekitar Rp 2.500 untuk mobil listrik. Jauh lebih murah dibandingkan sekitar Rp 14 ribu untuk mobil BBM dalam menempuh jarak 10 km.

“Dengan begitu menggunakan mobil listrik lebih hemat sekitar 75 persen dari pada menggunakan mobil BBM,” kata Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulis, Minggu (26/2).

Tak hanya itu Darmawan menjelaskan, dengan menggunakan kendaraan listrik masyarakat sudah turut berkontribusi untuk mengurangi emisi 56 persen. Dalam hal ini, 1 liter bahan bakar minyak (BBM) setara 1,2 kilowatt hour (kWh) listrik.

Adapun rinciannya, emisi karbon 1 liter BBM setara dengan 2,4 kilogram (kg) CO2e, sedangkan 1,2 kWh listrik emisinya setara 1,02 kg CO2e. Apalagi kata Darmawan, listrik yang disediakan untuk mengisi daya kendaraan juga akan semakin bersih, menyusul mulai dibangunnya pembangkit yang berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Seiring dengan pembangkit PLN yang akan menuju ke EBT, maka ke depan kendaraan listrik emisinya akan nol,” ujar Darmawan.

Lebih lanjut, Dirut PLN juga mengatakan penggunaan kendaraan listrik juga tetap bisa tampil keren. Karena saat ini pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) beserta PLN telah melakukan terobosan dengan konversi kendaraan BBM ke listrik.

“Melalui konversi kendaraan listrik pecinta otomotif tetap bisa berkreasi sesuai dengan keinginan. Misalnya dengan mengkonversi motor vespa jadul ataupun motor costum kekinian menjadi kendaraan listrik,” lanjut Darmawan.

Adapun dalam mengkampanyekan kendaraan listrik, PLN berpartisipasi dalam pameran di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang digelar di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta pada 16 hingga 26 Februari 2023. Dalam event tersebut, PLN menampilkan 12 motor konversi yang dilakukan bersama Pusharlis dan PLN Puslitbang di antaranya Chopper Electric, Binter Electric, Vespa Electric, KLX Electric, dan Regal Raptor.

By admin