JawaPos.com – Persija Jakarta sedang tancap gas. Macan Kemayoran berada dalam jalur perebutan gelar Liga 1 2022–2023. Tapi, laju kencang itu bisa tersendat kala menantang Madura United di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan (live Indosiar pukul 15.00 WIB).

Sebab, Laskar Sape Kerrap merupakan momok bagi Persija. Dalam tiga pertemuan terakhir, Persija gagal menang. Mereka menelan dua kekalahan dan satu hasil imbang. Kebobolan lima gol dan hanya mencetak dua gol. ’’Kami sudah melakukan perjalanan jauh. Tentu saja kami tidak ingin pulang dengan sia-sia. Kami ingin menang dan tetap ada di jalur juara,’’ kata bek Persija Maman Abdurrahman.

Masalahnya, Persija datang dengan kekuatan pincang. Bek sayap Firza Andika absen akibat akumulasi kartu. Padahal, dia selalu jadi pilihan utama. Dari 25 laga Macan Kemayoran musim ini, Firza hanya absen sekali. Pelatih Persija Thomas Doll tidak mau ambil pusing. ’’Saya tidak mau memikirkan pemain yang tidak ada. Saya yakin dengan pemain yang saya bawa ke Madura,’’ beber pelatih asal Jerman itu.

Doll yakin siapa pun yang turun akan tampil 100 persen. ’’Pemain kami harus maksimal, karena semua tim yang melawan Persija pasti punya motivasi tinggi,’’ ungkapnya. Tapi, masih ada celah meraih tiga poin di Pamekasan. Itu karena Madura United belum pernah menang dalam empat laga home beruntun.

Laskar Sape Kerrap menelan tiga kekalahan dan satu hasil imbang. ’’Saya tidak percaya statistik. Yang jelas Madura United akan jadi lawan yang tangguh. Ini akan jadi laga sulit,’’ tegas mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Ucapan Doll memang benar. Madura United ingin mengakhiri statistik buruk di kandang. Peluang mewujudkannya cukup terbuka. The Jak tidak diberi kuota dalam laga kali ini. Artinya, stadion akan dipenuhi suporter tuan rumah. Dukungan itulah yang jadi motivasi Laskar Sape Kerrap untuk mengakhiri tren buruk di kandang.

’’Saya percaya anak-anak bisa bermain dengan maksimal di kandang sendiri. Kami akan bekerja keras. Kami mau dapat hasil maksimal untuk para suporter,’’ ucap pelatih Madura United Fabio Lefundes.

Pelatih asal Brasil itu juga punya dua kartu truf: Otavio Dutra dan Taufik Hidayat. Dua penggawa Madura United tersebut adalah mantan pemain Persija. Dutra bahkan berstatus pemain pinjaman dari Macan Kemayoran. Lefundes menggaransi Taufik menjadi starter.

’’Laga ini jadi motivasi tersendiri. Sekarang seragam saya sudah beda, saya harus lebih semangat meraih poin penuh,’’ tegas Taufik.

Di lini belakang, Madura United bakal lebih kokoh. Kapten Fachruddin Aryanto kemungkinan sudah bisa turun. Bek 34 tahun itu absen sejak Januari akibat cedera lutut. ’’Fachruddin sembuh lebih cepat dari prediksi awal. Dia sudah ikut berlatih secara penuh. Kalau dia bilang siap bermain, pasti akan saya turunkan,’’ ujar Lefundes.

PERKIRAAN PEMAIN

Madura United (3-4-3): 21-Rendy Oscario (g); 4-Cleberson, 19-Fachruddin Aryanto (c), 15-Hasyim Kipuw; 13-Dodi Alekvan, 35-Zulfiandi, 50-Hugo Gomes, 3-Reva Adi; 16-Taufik Hidayat, 9-Alberto Goncalves, 11-Lulinha

Pelatih: Fabio Lefundes

Persija Jakarta (3-4-3): 26-Andritany Ardhiyasa (g/c); 56-Maman Abdurrahman, 17-Ondrej Kudela, 23-Hansamu Yama; 2-Rio Fahmi, 8-Syahrian Abimanyu, 19-Hanif Sjahbandi, 35-Rahma Niko; 25-Riko Simanjuntak, 27-Michael Krmencik, 78-Witan Sulaeman

Pelatih: Thomas Doll

Venue: Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan

Live: Indosiar pukul 15.00 WIB

By admin