JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa event F1PowerBoat merupakan kesempatan bagi Danau Toba untuk tampil ke depan di dunia internasional. Sebab menurutnya, event tersebut akan disaksikan lebih dari 180 juta orang di Eropa.

“Karena ini 180 juta orang yang menyaksikan live di Eropa. Sekarang tinggal ngatur waktu pertandingan di sini sama orang nonton di Eropa,” kata Luhut Binsar saat menyaksikan F1PowerBoat, Minggu (26/2).

Lebih lanjut, Luhut mengusulkan agar event tahunan tersebut dapat kembali dilaksanakan di Indonesia selama lima tahun ke depan. Bahkan direncanakan lomba Jetski akan digelar pada Oktober mendatang

“Setelah melihat infrastruktur di Danau Toba, mereka bilang malah bisa dilakukan lagi sampai 10 tahun ke depan. Mereka juga mau menyelenggarakan Jetski Oktober nanti di sini, pesertanya 25 negara, nanti mengelilingi Pulau Samosir,” lanjutnya.

Tak hanya mendorong event internasional kembali digelar di Danau Toba, Luhut juga mengatakan keinginannya untuk membentuk tim nasional untuk olahraga air tersebut.

“Tadi saya tanya berapa (biaya) kalo kita mau bikin satu tim di Indonesia, ternyata cukup mahal juga. Sekitar USD 3 juta sampai USD 5 juta. Tapi mungkin nanti suatu ketika Indonesia bisa buat jugalah,” ujar Luhut.

Menurutnya, melalui perhelatan tersebut Indonesia dapat kesempatan melihat tim profesional F1PowerBoat berjalan dengan profesional dan memanfaatkan teknologi dan terkomputerisasi. Mengenai pengembangan pariwisata, Menko Luhut menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan koordinasi.

“Minggu depan kita akan dengan Kapolda dan Bupati rapat untuk ngatur ke depan, kita cari desainnya. Kita list down event, venuenya dimana, kapan saja, penanggung jawabnya apakah pemerintah pusat, pemda, atau private sektor. Jadi kombinasi dari itu semua saya kira akan membuat posisi Indonesia baik,” terangnya.

Ia pun mengungkapkan, bahwa antusiasme masyarakat dalam menonton event tersebut sangatlah tinggi. Menurutnya, masyarakat yang memadati sepanjang pantai Danau Toba juga memberikan dampak besar bagi UMKM.

“Jadi yang dilakukan sekarang ini penting melibatkan rakyat banyak. Jadi tidak hanya punya elit. Di sana saya lihat banyak sekali, puluhan ribu juga yang nonton dan bayarnya ke UMKM,” tandas Luhut.

By admin