JawaPos.com – Kasus penganiayaan yang dilakukan anak mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Kementerian Keuangan, Mario Dandy Satriyo, 20, terhadap anak dari kader GP Anshor, Cristalino David Ozora, 17, tengah menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, David sampai saat ini terbaring dalam kondisi koma di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta.

1. Aksi Brutal Penganiayaan Viral di Medsos

Kasus penganiayaan ini pertama kali heboh di media sosial. Viral sebuah rekaman video yang menampilkan Mario Dandy sedang melakukan penganiayaan terhadap David.

Peristiwa ini diduga terjadi di sebuah perumahan di Pesanggarahan, Jakarta Selatan, sekitar pukul 20.30 WIB, Senin (20/2).

Bahkan, David sampai tergeletak tak berdaya akibat dianiaya Mario. Waganet pun ramai menelusuri jejak media sosial Mario Dandy.

Dalam banyak unggahan yang beredar di media sosial Twitter, muncul foto dan video Mario Dandy dengan koleksi kendaraan-kendaraan mewahnya, seperti Jeep Rubicon dan Harley Davidson. Hasil penelusuran itu terungkap bahwa Mario merupakan anak dari pejabat Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo.

2. Mario Dandy Ditetapkan Tersangka

Polres Jakarta Selatan telah menetapkan Mario Dandy Satriyo sebagai tersangka. Insiden bermula saat perempuan berinisial AG, yang diduga mantan pacar korban (Cristalino David Ozora) mengadu kepada Mario beberapa hari, sebelum peristiwa penganiayaan.

Mario disebut sempat berkomunikasi dengan David sebelum akhirnya berujung pada aksi penganiayaan. Akibat aksi penganiayaan ini korban mengalami koma dan harus menjalani perawatan intensif di ruang ICU.

Mario ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Ia dijerat dengan Pasal 76c juncto Pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak subsider Pasal 351 Ayat (2) KUHP.

3. Shane Lukas Teman Mario juga Ditetapkan Tersangka

Polres Metro Jakarta Selatan menetapkan pula Shane Lukas Rotua Pangondian sebagai tersangka, dalam kasus dugaan penganiayaan terhadap David Ozora. Shane berperan mengamini ajakan Mario dengan tujuan akan memukuli korban.

Shane membiarkan aksi kekerasan tersebut dan tidak berupaya mencegah. Bahkan, Shane diduha membisikkan kata-kata kepada Mario yang memintanya untuk menghajar korban.
Shane juga diduga merekam peristiwa itu menggunakan handphone milik Mario.

Shane disangkakan melanggar Pasal 76C juncto Pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak subsider Pasal 351 KUHP.

4. Rafael Alun yang Merupakan Ayah Mario Dicopot dari Jabatannya

Rafael Alun Trisambodo (RAT) dicopot dari jabatan Kabag Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan II. Pencopotan ini buntut dari penganiayaan dan pamer harta yang dilakukan anak dari Rafel Alun, Mario Dandy Satriyo.

Rafael Alun juga diduga memiliki harta tidak wajar sebesar Rp 56 miliar sebagaimana tercatat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Status Saudara RAT yang bersangkutan per kemarin kita copot dari jabatannya,” ucap Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam konferensi pers di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Jumat (24/2).

Pencopotan tersebut dilakukan guna mempermudah pemeriksaan lebih lanjut. “Pencopotan tersebut dilakukan karena pemeriksaan akan kita lalikan dan ini adalah untuk mempermudah upaya pemeriksaan,” tegasnya.

5. RAT Mengundurkan dari ASN

Setelah dicopot dari jabatan DJP Kemenkeu, Rafael memutuskan untuk mengundurkan diri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Ditjen Pajak. Pengunduran diri Rafael Alun Trisambodo tertuang dalam surat terbuka, Jumat (24/2).

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, pun membenarkan pengunduran diri dari Rafel itu. Menurut Yustinus, Kementerian juga menerima surat yang sama seperti yang beredar di media sosial.

“Secara resmi belum disampaikan ke Kementerian Keuangan. Secara prosedur, meski sudah disampaikan melalui Whatsapp, kami akan meneliti terlebi dahulu sebelum ditindaklajuti,” tutur Yustinus.

6. Menteri Keuangan Sri Mulyani Jenguk David di RS Mayapada

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan permintaan maaf kepada orang tua Cristalino David Ozora saat membesuk di Rumah Sakit Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/2). David adalah korban penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy Satrio yang merupakan anak dari pejabat DJP.

“Turut prihatin banget. Saya minta maaf, ya,” ujarnya kepada orang tua David di di Rumah Sakit Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/2).

Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama dengan Menteri Agama Yaqut Chalil Qoumas menjenguk Cristalino David Ozora di Rumah Sakit Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan. Sri Mulyani datang ke RS Mayapada pada siang hari. Saat masuk ke rumah sakit Sri Mulyani tampak bersalaman dengan ayah dan ibu dari David di lorong ruangan kamar rumah sakit.

By admin