JawaPos.com – Sabtu (25/2) kemarin merupakan closing ceremony pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Boost 2023, di JIExpo Kemayoran Jakarta. IIMS 2023 telah berlangsung selama 10 hari dengan menyuguhkan konsep Oto-tainment (Otomotif dan Entertainment) dengan hadirnya panggung IIMS Infinite Live serta deretan fitur IIMS Sky Bridge hingga IIMS Track.

Kehadiran IIMS 2023 diklaim mampu memulihkan kembali gairah industri otomotif Tanah Air, yang sempat berjalan perlahan di masa pandemi tahun sebelumnya. Ini terbukti dengan total transaksi yang dibukukan Dyandra Promosindo hingga Jumat kemarin (24/2) mencapai jumlah Rp 3,2 Triliun.

Angka ini masih terus bergerak mengingat beberapa brand besar masih dalam tahap rekap data hingga hari penutupan IIMS 2023. Dari sisi pengunjung, tercatat hingga Jumat (24/2) malam, yang mengunjungi IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran mengalami peningkatan yang stabil sejak pekan pertama, yaitu sebanyak 24 persen dari pengunjung IIMS Hybrid 2022 lalu, di waktu yang sama.

IIMS 2023 diikuti oleh 171 Peserta, termasuk di dalamnya 45 kendaraan roda empat, roda dua, dan kendaraan listrik terkemuka di Indonesia. Brand kendaraan roda empat diantaranya, Astra Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Esemka, Honda, Hyundai, Jeep, Mitsubishi, Morris Garage (MG), Prestige, Subaru, Suzuki, Toyota dan Wuling hingga Indomobil Group yang menghadirkan lima brand yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW).

Kendaraan roda dua diwakili brand ternama seperti Astra Honda Motor, Benelli – Keeway KTM & Husqvarna, Italjet, Kawasaki, Moto Bologna Passione (MBP), Royal Alloy, Royal Enfield, Yamaha. Brand kendaraan listrik roda dua antara lain Alva, Davigo, Energica, Gelis, Gesits, Ion Mobility, Niu, Ofero, Polytron, Rakata, Selis, Smartby, United dan Yadea.

IIMS semakin lengkap dengan adanya Perhimpunan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (Pahamk) serta puluhan brand aftermarket. Hal ini menjadi hal yang perlu disyukuri lantaran Dyandra Promosindo membuktikan bahwa IIMS 2023 tetap menjadi primadona bagi para pemegang merek.

Project Director IIMS 2023 Daswar Marpaung mengucapkan terima kasih kepada seluruh ekosistem yang terlibat dalam kesuksesan penyelenggaraan IIMS 2023 ini. “Ini adalah cermin konsep IIMS yang mampu menjadi salah satu instrumen pemantik untuk memulihkan gairah industri otomotif dalam negeri,” ujar Daswar di arena IIMS pada Sabtu (25/2) malam.

IIMS Sky Bridge yang hadir pertama kalinya dalam perhelatan IIMS Boost 2023 mampu memecahkan rekor MURI dan mengemban predikat “Pameran Otomotif Pertama dengan Fasilitas Jembatan Penyeberangan (Sky Bridge)”.
Sky Bridge diadakan karena berdasarkan bertahun-tahun pelaksanaannya, giat test drive and ride di area outdoor selalu ramai, di satu sisi pengunjung yang berlalu lalang semakin bertambah setiap tahunnya.

“Selain itu, IIMS Track dengan panjang lebih dari 500 meter dalam satu putaran juga disediakan dalam IIMS 2023 kali ini, untuk membuat pengunjung yang hendak membeli mobil dan motor baru, dapat menjajal mobilnya dengan lintasan yang lebih panjang lagi guna pengalaman yang lebih memuaskan,” tegas Rudi MF Project Manager IIMS 2023 dalam kesempatan yang sama.

By admin