JawaPos.com – Hingga matchweek ke-25 musim ini, Newcastle United merupakan tim tertangguh untuk urusan pertahanan. Kieran Trippier dan kompanyon baru kebobolan 15 gol saja.

Sementara itu, Manchester United 13 gol lebih banyak ketimbang Newcastle (28 gol).

Baiknya lini pertahanan Newcastle itu, menurut tacticus Manchester United Erik ten Hag, disebabkan satu hal. Pemain-pemain The Toon Army –julukan Newcastle– sering mengulur dan membuang waktu dengan beragam trik.

Terutama ketika mereka sudah dalam posisi unggul.

’’Mereka (Newcastle, Red) salah satu tim yang menyebalkan. Kami harus memutar otak bagaimana taktik untuk mengalahkan mereka, harus fokus pada permainan sendiri, dan tidak terpancing taktik buang waktu ala mereka,’’ papar Ten Hag dikutip dari The Guardian kemarin (25/2).

Pernyataan mantan tacticus AFC Ajax itu didukung statistik yang dilansir Daily Mail. Per bulan lalu, Newcastle jadi tim dengan rerata open play tersingkat kedua di Premier League.

Yakni, 51 menit 36 detik. Mereka hanya lebih baik dari Leeds United (50 menit 56 detik).

United dan Ten Hag sudah merasakan taktik ’’menyebalkan’’ ketika bermain seri tanpa gol kontra Newcastle pada matchweek 11 (16/10).

Beberapa tim big six lainnya juga sempat merasakan taktik negatif Newcastle tersebut. Salah satunya Tottenham Hotspur ketika keok 1-2 pada matchweek ke-13 (24/10). Kala itu, Newcastle unggul 2-0 lebih dulu.

Lalu Harry Kane menipiskan skor pada menit ke-54. Pascagol tersebut, pemain-pemain Newcastle memperlambat tempo dan membuang banyak waktu.

Nah, pada laga malam nanti kans Newcastle kembali menerapkan hal itu sangat besar.

’’Ya, kami akan menghadapi tim yang sedang on fire. Ten Hag melakukan hal luar biasa dalam waktu cukup singkat,” kata Howe dikutip Mirror.

’’Tetapi, kami yakin bisa mengalahkan tim mana pun dengan tim ini,’’ lanjut Howe.

By admin