JawaPos.com – Tidak adanya penambahan kasus stunting baru (Zero New Stunting) menjadi prioritas Program Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman saat menghadiri Aksi Nyata Gerakan Bersama (Geber) Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting di Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Sumedang Selatan, Jumat (24/4).

“Tidak ada stunting yang baru, itu pioritas kami. Kami akan memperhatikan semua Balita. Yang menjadi atensi khusus Zero New Stunting dan ditreatment khusus adalah bayi baru lahir sampai enam bulan dan dari tujuh sampai 24 bulan,” kata Herman.

Lebih lanjut dia menjelaskan, usia bayi baru lahir sampai enam bulan harus diberikan ASI eksklusif. Dan bayi usia tujuh sampai 24 bulan diberikan protein hewani selain ASI.

“Diberikan daging, telur, ikan, dan susu. Insya Allah dengan treatment seperti itu, tidak akan ada stunting yang baru atau Zero New Stunting,” ujarnya.

Sekda mengungkapkan, jurus baru dalam menurunkan stunting adalah dengan Gerakan Bersama. “Bahu membahu semua komponen. Hari ini, Pak Bupati beserta unsur forkopimda serta lintas SKPD dan semua Camat serta kepala desa di Kabupaten Sumedang mengeksekusi Gerakan Bersama Lawan Kemiskinan dan Stunting,” ujarnya.

Meski pemda memiliki program khusus, menurutnya orang tua dan keluarga tetap punya peranan penting. Mereka harus peduli akan potensi munculnya stunting.

“Yang harus diperhatikan 1.000 hari kehidupan. Ibu hamilnya harus dipastikan tidak anemia dan kekurangan gizi,” ucapnya.

Selain itu, ibu hamil juga harus memeriksakan diri ke petugas kesehatan paling tidak enam kali selama kehamilan. Sekda menerangkan, pendistribusian bantuan telur dan Sembako untuk yang stunting dan miskin ekstrem bersifat stimulus.

“Jadi kami memobilisasi kaum aghnia (yang berkecukupan) dan berbagai stakeholders untuk peduli. Hari ini disimboliskan oleh Pak Bupati di Desa Mekar Rahayu dan dalam waktu bersamaan seluruh kepala dinas saat ini ada di lapangan di 26 kecamatan. Bersama-sama Korlap dan Forkopimcam menyerahkan stimulus bantuan telor dan sembako,” terangnya.

By admin