JawaPos.com – Manchester United seperti berjodoh dengan klub Spanyol dalam ajang Eropa beberapa tahun terakhir.

Dua tahun lalu United asuhan Ole Gunnar Solskjaer gagal memenangi final Liga Europa 2020–2021 setelah kalah adu penalti 10-11 oleh Villarreal CF di Stadion Gdansk.

Atletico Madrid, klub Spanyol lainnya, menyudahi kiprah United dalam Liga Champions semusim berselang 2021–2022.

Bahkan, Atletico memastikan kelolosan ke perempat final dengan menumbangkan United 1-0 di Old Trafford, kandang The Red Devils –sebutan United.

Musim ini, lagi-lagi United berhadapan dengan wakil La Liga. Real Sociedad menjadi lawan di fase grup dengan United saling mengalahkan (menyerah 0-1 di Old Trafford, lalu balas menang 1-0 di Reale Arena).

Skuad Erik ten Hag malah dihadang pemuncak klasemen La Liga FC Barcelona dalam perebutan tiket ke babak 16 besar.

Kali ini United berjaya. Setelah menahan seri 2-2 Barca di Camp Nou (17/2), Bruno Fernandes dkk menang 2-1 di Old Trafford kemarin (24/2) dini hari WIB.

Karena itu, ketika undian 16 besar tadi malam WIB kembali mempertemukan United dengan klub La Liga Real Betis, Ten Hag konfiden dengan kemampuan anak asuhnya.

”Ketika kalian mampu mengalahkan klub top sekelas Barca, salah satu klub terbaik di Eropa, keyakinanmu saat ini benar-benar kuat.” tutur Ten Hag menirukan ucapannya kepada Fernandes dkk setelah kemenangan atas Barca seperti dilansir MUTV.

”Sebab, setelahnya kalian akan merasa bisa mengalahkan klub hebat mana pun.”

Di klasemen sementara La Liga saat ini, Betis menempati peringkat kelima. Berada di bawah Barca (pertama) maupun Sociedad (ketiga).

Hanya, sebagai juara Copa del Rey musim lalu, klub berjuluk Los Verdiblancos tersebut tetap punya potensi membuat kejutan.

Namun, seperti yang diungkapkan mantan striker United Robin van Persie maupun fans United di media sosial, The Red Devils punya senjata menghadapi wakil La Liga. Yaitu kombinasi bek Raphael Varane dan gelandang bertahan Casemiro.

Dua pemain yang dijuluki dengan RealMart mengacu eks Real Madrid.

Berkat Varane dan Casemiro, bomber Barca Robert Lewandowski hanya bisa membobol gawang United via penalti. Di menit akhir Varane sukses menghalau bola sontekan Lewy yang mengarah ke gawang kosong.

Casemiro juga berhasil ”membanting” Lewy ketika Pemain Terbaik Dunia 2020 dan 2021 itu berupaya sprint ke arah gawang setelah mampu mengelabui bek United Lisandro Martinez.

”Casemiro dan Varane memiliki mental juara dan akan mampu membawa tim ini melewati momen-momen tersulit,” kata Van Persie seperti dikutip dari BT Sport.

Dalam musim terakhir ketika Casemiro dan Varane main bareng di Real atau 2020–2021, mereka sukses unbeaten melawan Betis. Termasuk membekuk Betis 3-2 di Estadio Benito Villamarin. Mampukah Casemiro-Varane mengulanginya bersama United?

 

 

By admin