JawaPos.com- Lima jabatan penting di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Sidoarjo, sejauh ini masih kosong. Pemkab sudah membuka lowongan terbuka untuk mengisi posisi itu sejak 20 Februari lalu. Pada Minggu (26/2) pendaftaran akan ditutup.

Kelima jabatan tersebut adalah direktur administrasi dan keuangan Perumda Delta Tirta, dewan pengawas Perumda Delta Tirta, komisaris PT Bank Perkreditan Rakyat Delta Artha (Perseroda), direktur PT Aneka Usaha (Perseroda), dan komisaris PT Aneka Usaha (Perseroda).

Menurut Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Andjar Surjadianto, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar seleksi tersebut. Baik persyaratan umum maupun persyaratan khusus. Setelah tahapan pendaftaran, pansel akan memeriksa kelengkapan administrasi peserta atau pelamar.

Proses pemeriksaan tersebut berlangsung hingga 28 Februari. Kemudian, pada 2 Maret akan diumumkan nama-nama saja yang lolos seleksi administrasi. Nah, mereka yang lolos akan mengikuti tahapan uji kepatutan dan kelayakan (UKK). Di dalam UKK itu ada beberapa tes. Yakni, tes tulis yang dilaksanakan pada 6 Maret dan psikotes pada 7 Maret.

Andjar menambahkan, peserta juga diminta untuk membuat makalah sesuai  jabatan yang dilamar. Makalah dikumpulkan pada 8-9 Maret. Selanjutnya, mereka juga akan mempresentasikan makalah 13-14 Maret. “Sekaligus di hari itu peserta juga ada wawancara teknis dengan pansel,” ujarnya seperti dilansir Jawa Pos Radar Sidoarjo.

Hasil presentasi dan wawancara tersebut diumumkan pada 16 Maret mendatang. Di hari yang sama, pansel juga melaporkan hasil seleksi kepada Bupati Ahmad Muhdlor. Setelah itu, bupati mewawancarai peserta yang lolos tahap UKK. Tujuannya, untuk mengetahui secara langsung apakah visi dan misi peserta sejalan dengan rencana pembangunan Pemkab Sidoarjo.

Tahap akhir, pengumuman hasil seleksi yang rencananya akan dilaksanakan pada 22 Maret. Andjar menjelaskan, seleksi terbuka ini sebagai upaya untuk menyehatkan BUMD Pemkab Sidoarjo. Dengan pengisian jabatan kosong tersebut diharapkan kinerja BUMD bisa berjalan lebih maksimal. Termasuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

By admin